PMKU Masih jadi Ganjalan STID Priok, Kenapa ?

  • Share
Gate Pelabuhan Tanjung Priok

LOGISTIKNEWS.ID – Pelabuhan Tanjung Priok terancam alami kepadatan arus barang atau stagnasi jika penerapan STID terhadap Truk pengangkut barang dan peti kemas dijalankan sesuai aturan.

Pasalnya, untuk memperoleh Identitas Tunggal Truk atau Single Identity Document (STID) itu, setiap perusahan trucking wajib mengantongi terlebih dahulu dokumen Pemberitahuan Melaksanakan Kegiatan Usaha (PMKU).

Berdasarkan informasi yang diperoleh redaksi, namun hingga kini ratusan perusahaan Truk di pelabuhan Tanjung Priok masih kesulitan memperoleh PMKU. Kendati begitu, STID-nya tetap diterbitkan.

Sumber di Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menyebutkan untuk menyiasati hal tersebut, perusahaan trucking melalui asosianya meminta dispensasi PMKU kepada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat.

Pada 25 Maret 2024 ini pun diketahui akan berakhirnya masa dispensasi perpanjangan PMKU di Pelabuhan Tanjung Priok. Pola Dispensasi  semacam ini juga sudah diberikan sebanyak 3 kali dengan periode tertentu yakni 6 bulan, 4 bulan dan 6 bulan.

Seperti diketahui, pemberlakuan Single Truck Identification Data (STID), di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta sudah berjalan memasuki tahun ketiga.

Pelabuhan tersibuk di Indonesia itu menjadi pelabuhan pertama yang comply dengan regulasi Dirjen Perhubungan Laut melalui Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor 803/DJPL/2021 tentang Penerapan Data Identifikasi Truk Tunggal (Single Truck Identification Data) di Pelabuhan Tanjung Priok pada September 2021.

Program STID-pun menjadi pilot project untuk memberikan layanan angkutan barang dan logistik yang lebih baik, aman, nyaman dan mengedepankan aspek keselamatan di pelabuhan-pelabuhan Indonesia. Bahkan STID juga turut dikawal oleh Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) guna mengakselerasi digitalisasi layanan jasa kepelabuhan.

Kesuksesan STID sekaligus bisa menjadi tolok ukur PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) selaku BUP dalam peningkatan pelayanan dan kelancaran distribusi barang karena angkutan barang lebih tertata dan terawasi.

Namun sayangnya, isue tak sedap justru muncul dari pelabuhan Tanjung Priok.

Beberapa waktu lalu, Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DKI Jakarta, Sudirman mengungkapkan bahwa meskipun sudah ada STID, namun masih ada armada truk bodong bisa lalu lalang melayani pengangkutan logistik dari dan ke pelabuhan Tanjung Priok.

Dia menegaskan, kategori ‘bodong’ yang dimaksud yakni tidak atau belum memenuhi kelengkapan persyaratan, misalnya diragukan keabsahan KIR armadanya.

“Menurut data kami masih ada 7.000-an armada yang tak penuhi syarat itu. Tetapi kami pastikan itu bukan anggota Aptrindo,” ujar Sudirman saat Dialog bertema ‘Memperkuat Sinergi Antara BUP dengan Mitra Kerja dan Pengguna Jasa Pelabuhan Tanjung Priok’, pada Selasa (28/11/2023).

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan, turut menguatkan pernyataan Sudirman.

“Bahkan dulu di awal-awal program STID ada puluhan ribu truk tidak punya KIR,” ujar Gemilang.

Berdasarkan data yang peroleh logistiknews.id dari pelabuhan Tanjung Priok, hingga periode Akhir Agustus 2023 telah diterbitkan sebanyak 28.562 STID di pelabuhan tersibuk di Indonesia itu. Selain itu, juga telah dilakukan Driver Identification Data (Driver ID) terhadap 7.648 Pengemudi/Sopir truk.

Gemilang menambahkan, STID merupakan program progresif kolaborasi antara Pelindo, Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan para Stakeholders melalui asosiasi terkait di pelabuhan tersibuk di Indonesia itu.

Disisi lain, ujar Gemilang, implementasi STID itu belum mampu menghilangkan tingkat kemacetan yang terjadi dari dan ke pelabuhan Priok yang melayani lebih dari 65% kegiatan ekspor impor nasional.

Gemilang yang juga Chairman Asean Trucking Federation (ATF) itu berharap, implementasi STID bukan sekedar mengkolek data trucking yang beroperasi semata, tetapi mesti ada multiplier efect yang dirasakan untuk mempercantik wajah pelabuhan Priok. Salah satunya adalah mengurai tingkat kemacetan dengan mempercepat layanan trucking dan produktifitas di terminal pelabuhan.

Apalagi, kata dia, sejak awal Aptrindo sangat mensupport program STID ini, agar program ini bisa memberikan manfaat lebih luas dalam mewujudkan layanan logistik yang lebih efisien di pelabuhan Tanjung Priok.[redaksi@logistiknews.id]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *