LOGISTIKNEWS.ID–PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS), anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung transformasi digital sektor kepelabuhanan nasional melalui implementasi Terminal Operating System (TOS) Nusantara di Pelabuhan Sorong, Papua Barat Daya.
Inisiatif ini menjadi bagian dari strategi nasional Pelindo Group untuk membangun platform operasional pelabuhan yang terintegrasi dari barat hingga timur Indonesia.
Pelabuhan Sorong menjadi lokasi ke-14 yang telah mengimplementasikan TOS Nusantara sejak sistem ini dikembangkan oleh ILCS pada 2022.
TOS Nusantara memungkinkan digitalisasi penuh seluruh proses terminal petikemas, mulai dari perencanaan kapal, pengelolaan yard, hingga monitoring aktivitas bongkar muat secara real-time.
Penerapan sistem ini terbukti mampu meningkatkan efisiensi operasional, menekan kesalahan administrasi, serta mempercepat layanan pelanggan terminal secara signifikan.
General Manager Solusi Terminal Petikemas, ILCS, Frenda Rangga Aksara mengatakan, sistemisasi Terminal Petikemas Sorong merupakan bagian dari inisiatif strategis Pelindo pasca merger untuk melaksanakan digitalisasi layanan pelabuhan dengan single system layanan petikemas.
“Dengan menggunakan sistem yang sama dari wilayah timur hingga barat, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi bisnis proses operasi, pemerataan layanan, user experience yang sama, serta kemudahan dalam pemanfaatan sumber daya manusia, baik dari sisi operasional, perawatan sistem dan support,” ujarnya pada Senin (21/7/2025).
Proses go live TOS Nusantara di Sorong dilakukan secara kolaboratif bersama Subholding Pelindo Terminal Petikemas, dimulai dari asesmen kesiapan infrastruktur, migrasi sistem, hingga pelatihan teknis bagi pekerja di wilayah operasional pelabuhan.
Standarisasi SOP dan change management juga dijalankan secara intensif untuk memastikan transisi berjalan lancar dan sistem dapat langsung digunakan untuk mendukung kegiatan operasional di lapangan.
Terminal Head TPK Sorong Welta Selfie, menyampaikan bahwa sistem ini memberi dampak nyata dalam mendukung operasional terminal.
“TOS Nusantara (Palapa, Parama, Praya) ini bagus karena lebih akurat dan efisien untuk data bongkar muat. Bisa langsung mengakses dan terdapat fitur-fitur update. Dan juga untuk proses billing jadi semakin akurat dan efisien,” ungkapnya.
Customer Service TPK Sorong, Melina Sihombing, mengatakan sejak menggunakan TOS Nusantara, aplikasi ini mudah untuk digunakan.[am]