Indonesia Siapkan Implementasi EDI di Pelabuhan Asean

  • Share

JAKARTA – Indonesia mendukung kerjasama atar pelabuhan di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam Asean dalam implementasi pertukaran data secara elektronik atau Electronic Data Interchange (EDI).

Kerjasama itu meliputi tentang Penerbitan, Penerimaan, serta Pertukaran Sertifikat Elektronik (E-Certificate) dengan tujuan untuk mempermudah negara-negara Asean dalam mendapatkan informasi sertifikat dan percepatan yang berhubungan dengan proses port clearance.

Plt. Kasubdit Angkutan Laut Luar Negeri Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, Yudhonur Setyaji, mengungkapkan saat ini Indonesia belum mulai menerbitkan e-certificate namun berencana untuk melakukannya dalam waktu dekat.

Menurutnya, saat ini Indonesia tengah mengembangkan Inaportnet untuk kemudian dapat diintegrasikan dengan Indonesia National Single Window (INSW) dan memenuhi standar Internasional.

Pasalnya, kata dia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus selesaikan terlebih dahulu oleh Indonesia, salah satunya adalah menciptakan kerangka hukum untuk dapat menerima e-certificate tersebut dengan bekerjasama dengan instansi terkait di Indonesia.

“Selain itu, otentikasi dan keamanan juga harus diperhatikan,” ucapnya.(Lognews)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.