Welder Galangan JMI, Terima Sertifikat Juru Las dari BKI

  • Share
Sertifikasi Juru Las oleh PT BKI kepada Welder Galangan PT Janata Marina Indah (JMI), Semarang.

SEMARANG – PT Biro Klasifikasi Indonesia/BKI (Persero) kembali melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) Tahun 2021.

Kegiatan tersebut selaras dengan program Prioritas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan  (TPB) Pekerjaan Layak  dan  Pertumbuhan  Ekonomi serta Pendidikan berkualitas dengan memberikan Sertifikasi Juru Las kepada Welder Galangan PT Janata Marina Indah (JMI), Semarang.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 5-15 April 2021 di Galangan PT JMI yang diikuti oleh 25 peserta. Kegiatan pelatihan yang dilakukan yaitu pemaparan materi kepada peserta, praktikum pengelasan material uji, penilaian hasil pengelasan dan pemberian sertifikat.

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Direktur Operasi PT BKI (Persero) Mohamad Cholil yang didampingi Kepala Divisi Produksi Bangunan Baru PT JMI Suharto kepada 2 orang perwakilan peserta pelatihan dengan masa berlaku sertifikat selama 2 tahun. Acara dilaksanakan pada hari Rabu 23 Juni 2021 di Galangan PT JMI.

Direktur Operasi BKI Mohamad Cholil mengatakan, dengan adanya Sertifikasi ini dapat menjaga kualitas welder di galangan untuk tetap memiliki kompetensi yang terjamin dalam melakukan pekerjaaannya di galangan.

“Melalui sertifikasi Juru Las dari program TJSL ini, BKI mendorong para welder di galangan untuk maju dan meningkatkan kemampuannya di tengah pandemi covid-19 yang membuat krisis di dunia usaha”, tuturnya.

Galangan PT JMI dipilih sebagai sasaran penerima program TJSL karena galangan ini bisnisnya terdampak oleh pandemic covid-19.

“Dengan adanya program ini sangat membantu dalam meningkatkan kompetensi para welder di proses pekerjaan di galangan PT JMI”, jelas Kepala Divisi Produksi Bangunan Baru PT JMI Suharto.

Kepala Cabang Klas Semarang Aprianto menyampaikan, dengan adanya sertifikasi ini, BKI dapat tetap menjaga standarisasi mutu terhadap kapal-kapal klas BKI yang diperiksa di galangan PT JMI.

”Kedepannya, kami akan terus melanjutkan penyaluran program TJSL ini di galangan-galangan lainnya yang melakukan perbaikan kapal dengan Klas BKI,” tuturnya.

Dari 28 orang calon peserta yang diseleksi, dipilih 25 orang yang lolos seleksi dan dapat mengikuti pelatihan.(am)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.