Perkuat Layanan Logistik, CMA CGM Operasikan Depo 4.000 TEUs di Cakung Jaktim

  • Share
Fasilitas Depo CMA CGM di Cakung Jakarta TimurMenempati lahan seluas 35.000 meter persegi dengan kapasitas lebih dari 4.000 twenty foot equivalent units (TEUs) kontainer.

JAKARTA – CMA CGM Group, pemimpin dunia dalam pengiriman dan logistik, membuka depot peti kemas keempat dan terbesarnya di kawasan Cakung, Jakarta Timur (Jaktim), Indonesia, pada Rabu (18/8/2021).

Menempati lahan seluas 35.000 meter persegi dengan kapasitas lebih dari 4.000 twenty foot equivalent units (TEUs) kontainer, fasilitas baru depo ini menunjukkan komitmen CMA CGM Grup untuk bekerja ekstra untuk customer Indonesia.

Presiden Direktur CMA CGM Indonesia, John Lim menyatakan depo baru tersebut dirancang untuk meningkatkan layanan logistik darat dan mengoptimalkan pengiriman dengan better ways.

“Selain adanya permintaan yang tinggi, kami menangani kargo yang lebih disesuaikan seperti kontainer Garment on Hanger dan Flexitank untuk cairan yang akan memerlukan penanganan khusus oleh staff ahli kami. Oleh karena itu, depo kami penting dalam memungkinkan CMA CGM untuk memenuhi standar tinggi yang kami janjikan kepada eksportir dan customer Indonesia,”ujarnya pada Rabu (18/8/2021).

Dia menjelaskan, Indonesia identik dengan hasil bumi antara lain kertas dan karet; serta manufaktur garmen, alas kaki, dan produk elektronik yang dikirimkan oleh CMA CGM yang dikemas dengan rapi di berbagai depo yang dimilikiya.

Depo CMA CGM, imbuhnya, telah menangani lebih dari sekadar pengisian, pembersihan dan perbaikan peti kemas serta inspeksi pra-perjalanan, pra-pendinginan peti kemas dan layanan pemantauan reefer.

“Kami mengkhususkan diri dalam mengubah dan melengkapi kontainer standar menjadi kontainer yang disesuaikan seperti kontainer Garment on Hanger yang menjaga pakaian dalam kondisi bersih dari pabrik ke toko. Depo CMA CGM juga memiliki keahlian dalam memasang perangkat Traxens pada kontainer untuk visibilitas ujung-ke-ujung oleh pengirim; dan Flexitank dalam kontainer untuk pengangkutan cairan seperti minyak ikan dari Indonesia,” ucap John Lim.

Depo di Cakung merupakan tambahan terbaru dari tiga depo CMA CGM lainnya di Marunda (Jakarta), Cikarang, dan Surabaya. Dengan fasilitas Depo di Marunda yang beroperasi pada kapasitas penuh, pembukaan depo Cakung yang baru sejalan dengan permintaan ekspor Indonesia yang terus meningkat.

John mengungkapkan, mengingat jarak depo di Cakung yang dekat dengan gudang industri di sekitarnya, waktu tempuh dan jarak antar fasilitas dapat berkurang secara signifikan.

“Customer kini memiliki dua opsi depot di Jakarta yang dapat mereka andalkan untuk kebutuhan logistik dan pengiriman,” tuturnya.

Sebagai informasi, CMA CGM Group yang kini dipimpin oleh Rodolphe Saadé, melayani lebih dari 420 pelabuhan di 5 benua di seluruh dunia.

Armada Grup yang terdiri dari 561 kapal mengangkut hampir 21 juta TEU (Twenty-foot Equivalent Unit) peti kemas pada tahun 2020.

Dengan anak perusahaan CEVA Logistics, penyedia logistik kelas dunia yang membawa 400.000 ton angkutan udara dan 2,8 juta ton angkutan darat setiap tahun, dan CMA CGM Air Cargo, CMA CGM Group terus berinovasi untuk menawarkan kepada pelanggannya layanan ujung ke ujung yang memberikan peningkatan kinerja melalui solusi pengiriman, darat, angkutan udara, dan logistik yang inovatif.

Tawarkan 50 Call

Didirikan di Indonesia pada tahun 1995, Grup CMA CGM saat ini mempekerjakan lebih dari 250 anggota staf di tujuh kantor cabang dan empat depo milik sendiri. Saat ini menawarkan enam layanan maritim yang memiliki lebih dari 50 call di pelabuhan setiap minggu.

CMA CGM Grup berkomitmen untuk memimpin transisi energi dalam pelayaran dan telah memelopori penggunaan bahan bakar alternatif. Selain itu, telah menetapkan tujuan untuk menjadi netral karbon pada tahun 2050. Program peningkatan berkelanjutan ini telah memberikan hasil nyata dan mengurangi total emisi CO2 Grup sebesar 4% pada tahun 2020.

Melalui CMA CGM Foundation, CMA CGM Grup menjangkau ribuan anak setiap tahun dengan inisiatif memperjuangkan pendidikan untuk semua dan kesempatan yang sama. CMA CGM Foundation juga menanggapi krisis kemanusiaan dengan bantuan darurat dengan memanfaatkan keahlian pengiriman dan logistik Grup untuk membawa pasokan kemanusiaan ke mana pun mereka membutuhkannya di seluruh dunia.

Dengan jaringan lebih dari 400 kantor dan 750 gudang di 160 negara, CMA CGM Grup mempekerjakan lebih dari 110.000 anggota staf di seluruh dunia, 2.400 di antaranya berbasis di Marseille.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.