KM Bandar Lestari milik PT Tropic, Terbakar di Pelabuhan Sunda Kelapa

  • Share

JAKARTA  –  Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa berhasil mengevakuasi kapal barang KM Bandar Lestari dengan GT 680 yang terbakar di dermaga 006 Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Insiden tersebut terjadi pada Sabtu sore (27/11/2021).

Kepala Kantor KSOP Kelas III Sunda Kelapa, Chaerul Awaluddin mengungkapkan setelah mendapat laporan, Quick Response Team (QRT) KSOP Sunda Kelapa langsung menuju lokasi untuk memadamkan api.

“Saat ini kapal KM Bandar Lestari telah berhasil ditarik keluar kolam pelabuhan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan Kapal milik PT. Tropic tersebut secara visual terbakar hanya di atas deck saja. Dan muatan yang terbakar dari bahan asbes/fiber.

Pemadaman dilakukan bersama Damkar IPC Sunda Kelapa dan Damkar penjaringan dengan total 6 unit mobil pemadam.

“Api berhasil dipadamkan pukul 16.30 WIB, saat ini dalam proses pendinginan, dibantu tim quick response Kapal Patroli P-348 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan kapten kapal, kapal tersebut memuat barang Kelontong, Semen 500 ton, material bangunan, Kendaraan roda 4 sebanyak 2 unit dengan jenis 1 unit pick up, dan 1 unit truk. Adapun  jumlah ABK Kapal sebanyak 14 personil.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini dan kerugian material belum dapat dipastikan,” ucapnya.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *