TanjungPandan Sosialisasikan Pemanduan & Penundaan Kapal di Perairan Manggar

  • Share
Sosialisasi SOP Pelayanan Pemanduan & Penundaan Kapal Di Perairan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

LOGISTIKNEWS.ID – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan, KUPP Kelas III Pelabuhan Manggar bersama INSA Belitung mulai melaksanaan Sosialisasi SOP Pelayanan Pemanduan & Penundaan Kapal Di Perairan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sosialisasi melibatkan Perusahaan Pelayanan dan Pengelola Tersus di Wilayah Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Manggar, bertempat di Hotel La Lucia, Jum’at, 25 Maret 2022.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut, Kepala KUPP Kelas III Manggar,  I Made Suartama, Ketua DPC INSA Belitung, Irwan Santoso, dan Para Pimpinan perusahaan pengelola Terus di Belitung Timur, serta pimpinan perusahaan pelayaran.

Dalam sosialisasi itu, sekaligus pemberitahuan kepada para pengelola Tersus dilingkungan wilayah Perairan Manggar dan para agent/perusahaan pelayaran per- 1 April 2022, untuk kegiatan permintaan pelayanan kapal keluar/masuk di Perairan Manggar melalui Inaportnet.

Mengingat Perairan Manggar sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Nomor. KM 138, Tahun 2021, Tentang Penetapan Perairan Wajib Pandu Kelas III Perairan Pelabuhan Manggar, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk kegiatan pelaksanaan Pelayanan Pemanduan dan Penundaan di Perairan Manggar ini, telah diberikan pelimpahan kepada Badan Usaha Pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) untuk melaksanakan pelayanan jasa pemanduan  dan penundaan kapal pada Perairan Wajib Pandu Kelas III Perairan Manggar, Kabupaten Belitung, Pemprov. Kep. Babel, berdasasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: KP. 798/DJPL/2021.

Untuk itu, dalam rangka kepentingan keselamatan dan keamanan berlayar serta lalu lintas di wilayah  perairan Manggar, maka Kepala Kantor Unit Penyelenggaran Palabuhan Kelas III Manggar memberikan rekomendasi kepada Badan Usaha Pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjungpandan untuk melaksanalan pelayanan pemanduan dan penundaan kapal di wilayah perairan Manggar.(am)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.