GPEI DKI Dorong Eksportir Manfaatkan InaExport

  • Share
Irwandy MA Rajabasa, Ketua GPEI DKI Jakarta

LOGISTIKNEWS.ID – Gabungan Perusahaan Eksportir Indonesia (GPEI) mendukung sepenuhnya pemanfaatan platform layanan ekspor one-stop service InaExport, dalam rangka memacu kegiatan ekspor nasional dan menumbuhkan UKM.

Ketua DPD GPEI DKI Jakarta, Irwandy MA Rajabasa mengatakan InaExport menawarkan keuntungan tidak hanya membantu penjualan dan promosi ekspor tapi juga pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk siap menghadapi pasar global.

“Karena itu, GPEI DKI berkomitmen mensupport InaExport sejak diluncurkan dan dikembangkan oleh Kementerian Perdagangan, lantaran platform itu bertujuan menjadikannya pelayanan satu pintu (one stop service) fasilitasi ekspor nonmigas untuk menghubungkan dan mempromosikan pelaku usaha atau eksportir Indonesia ke buyer internasional,” ujar Irwandy, pada Senin (26/9/2022).

Irwandy juga mengungkapkan, Pengurus GPEI DKI Jakarta telah menyosialisasikan keberadaan InaExport kepada para perusahaan eksportir anggota GPEI di DKI Jakarta.

Sebagaimana diketahui, imbuhnya, bahwa sejak ada layanan InaExport, pelaku ekspor sudah dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk-produk unggulan mereka. InaExport ini akan memberikan manfaat optimal bagi seluruh pelaku usaha ekspor dalam negeri, pembeli di luar negeri, perwakilan perdagangan RI di luar negeri, serta para pemangku kepentingan melalui berbagai keunggulan yang ditawarkan.

“Kami akan terus mendorong perusahaan anggota untuk memanfaatkan InaExport tersebut. Program pemerintah tersebut positif untuk membantu pengembangan para eksportir nasional,” ucap Irwandy.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat, saat ini sudah ada 11.531 eksportir lokal dan 6.835 jenis produk berorientasi ekspor yang telah tergabung dalam platform layanan ekspor one-stop service InaExport.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag. Didi Sumedi, terus mengajak lebih banyak eksportir dan calon eksportir untuk bergabung dalam layanan ini yang dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma.

“Layanan di InaExport ini bebas biaya. Untuk itu, InaExport harus dimanfaatkan pelaku usaha seluas-luasnya dalam mempromosikan produk ekspor Indonesia. Kami harap InaExport dapat meningkatkan transaksi perdagangan internasional dan meningkatkan kinerja ekspor bagi pelaku usaha Indonesia,” kata Didi.

Didi pun menjelaskan, InaExport menjadi salah satu langkah transformasi digital eksportir nasional melalui sistem elektronik. InaExport juga merupakan direktori bisnis yang fokus mempromosikan produk eksportir-eksportir Indonesia.[am]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *