Agar Pelabuhan Jambi Kompetitif, Ini Usul APBMI…

  • Share

LOGISTIKNEWS.ID – Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat (APBMI) mengungkapkan Pelabuhan Jambi yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) perlu menerapkan tarif layanan yang lebih kompetitif agar bisa lebih bersaing dengan para pengelola terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) yang banyak tersebar di sepanjang sungai Batanghari.

“Saat ini fasilitas di Pelabuhan Jambi yang dikelola Pelindo tidak punya tangki timbun. Justru fasilitas seperti itu banyak dimiliki oleh TUKS di sepanjang sungai Batanghari. Bahkan ada satu TUKS punya tangki timbun sampai 30 unit untuk nampung cruide palm oil (CPO),” ujar M. Ihsan Syafitri, Ketua APBMI Jambi, kepada Logistiknews.id, pada Rabu (12/10/2022).

Dia mengatakan, sudah selaiknya antara pengusaha PBM dan BUMN Pelindo didaerah-daerah melakukan bersinergi untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional melalui kegiatan logistik dan jasa kepelabuhanan.

“Dan untuk itu, kami (APBMI) Jambi terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pelindo,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini komoditi dominan di Jambi antara lain, batu bara, cangkang sawit dan CPO. Sementara untuk layanan kontainer di pelabuhan Jambi, imbuhya, sekarang ini sudah cukup baik.

“Jika kegiatan melalui Pelabuhan yang dikelola ramai maka PBM anggota kami juga banyak melakukan pekerjaan karena selama ini kolaborasi antara PBM dan Pelindo di Jambi sudah cukup harmonis,” ucap Ihsan.[am]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *