Proyeksi Sektor Logistik 2023, Seperti Apa ?

  • Share
Chairman SCI, Setijadi

LOGISTIKNEWS.ID – Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi menyatakan optimisme perkembangan sektor dan bisnis logistik tahun 2023 berdasarkan tingkat pemulihan dan kinerja yang luar biasa pada triwulan I dan II tahun 2022.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kedua triwulan itu lapangan usaha yang terdekat dengan sektor logistik yaitu transportasi dan pergudangan tumbuh berturut-turut sebesar 15,79 persen dan 21,27 persen. Pertumbuhan itu paling tinggi dibandingkan lapangan-lapangan usaha lainnya.

“Namun demikian, perlu dianalisis perkembangan lebih lanjut dan proyeksinya pada tahun 2023, berkaitan dengan perkembangan geopolitik, disrupsi rantai pasok global, dan ancaman krisis tahun 2023,” ujar Setijadi, pada Minggu (16/10/2022).

Dia mengatakan, untuk itu SCI juga akan menggelar Seminar Outlook Bisnis Logistik 2023 pada Rabu (19/10/2022), dengan melibatkan para pembicara berkompeten, antara lain; Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti yang akan membahas mengenai perkembangan, proyeksi, peluang, dan tantangan perekonomian Indonesia, serta program pembangunan pemerintah terkait sektor logistik.

Kemudian, Chairman SCI & CEO Ruang Logistik Setijadi tentang peran dan perkembangan sektor logistik, serta proyeksi, peluang, dan tantangan sektor logistik Indonesia 2023.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT Pelindo (Persero) Arif Suhartono akan memaparkan mengenai peran dan perkembangan pelabuhan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan logistik nasional, serta proyeksinya pada 2023.

Sedangkan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman akan mengupas soal karakteristik dan perkembangan industri makanan dan minuman, serta proyeksinya pada 2023.

Narasumber lainnya, yakni  President Director & CEO Logistic Group Sarana Citranusa (SCN) Logistic Group Aulia Febrial Fatwa,  Praktisi dan konsultan industri farmasi Pre Agusta Siswantoro, Group CEO at PowerCommerce.Asia Hadi Kuncoro, CEO Mostrans Berty Argiyantari, dan Presiden Director PT Brinks Solution Indonesia David Maksud.

Setijadi menjelaskan, seminar itu juga bertujuan mempertemukan para praktisi, pemerintah, akademisi, hingga pemerhati bidang logistik untuk membahas strategi terbaik dalam menghadapi peluang dan tantangan bisnis logistik tahun 2023.[syf]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *