Mengenal Hari Logistik Nasional yang Diperingati Setiap 28 Juni

  • Share
Fasilitas Lapangan Penumpukan Kendaraan di Terminal IPCC (photo:logistiknews.id)

LOGISTIKNEWS.ID – Hari Logistik Nasional diperingati pada tanggal 28 Juni setiap tahun untuk menghormati kerja para profesional pekerja keras di bidang logistik.

Dilansir dari Nationaltoday, Hari Logistik Nasional pertama kali diperingati pada tahun 2019 dan diprakarsai oleh sebuah perusahaan bernama Logistics Plus.

Meskipun Hari Logistik Nasional adalah perkembangan yang sangat baru, mata rantai yang membentuk dunia logistik modern telah ada selama berabad-abad selama orang mulai berdagang satu sama lain.

Para pekerja logistik Ini memainkan peran besar dalam kemajuan ekonomi, terutama di negara sebesar Amerika Serikat. Segala sesuatu yang Anda pesan secara online menjangkau Anda melalui jaringan luas distributor, pengirim, dan pengangkut yang menjaga agar Anda menerima barang yang benar tepat waktu dan dalam kondisi sempurna, terlepas dari jarak atau cuaca.

Logistics Plus adalah salah satu perusahaan logistik Amerika yang paling dinamis, berbasis di Erie, Pennsylvania. Jaringan distribusinya tersebar di seluruh negeri karena membantu pengiriman barang dari produsen di lebih dari 50 negara ke pelanggan di Amerika Serikat.

Mengingat pentingnya peran logistik dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, perusahaan mulai membudayakan peringatan Hari Logistik Nasional pada tanggal 28 Juni setiap tahunnya.

Diyakini bahwa pada zaman kuno, perdagangan antara Cina dan Eropa dilakukan melalui karavan yang melintasi Asia Tengah dan melalui laut melalui rantai pelabuhan yang tersebar di seluruh Samudra Pasifik, Hindia, dan Atlantik.

Barang-barang berharga seperti sutra, porselen, dan rempah-rempah membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk sampai ke pedagang di Eropa setelah singgah di Hindia Timur, India, dan Jazirah Arab.

Perintis dan penjelajah seperti Vasco Da Gama dan Christopher Columbus memainkan peran penting dalam menemukan jalur perdagangan baru. Inovasi seperti mesin uap membantu mengurangi waktu pengiriman barang.

Metode pengawetan modern memastikan bahwa produk tidak rusak selama pengangkutan, yang memungkinkan orang Amerika menikmati barang yang diproduksi di belahan dunia mana pun.

Hari Logistik Nasional diperingati pada tanggal 28 Juni setiap tahun untuk menghormati kerja para profesional pekerja keras di bidang logistik.[am]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *