LOGISTIKNEWS.ID – Sejumlah pengunjung antusias menghadiri ajang Digital Transformation Indonesia Conference & Expo (DTI-CX) 2023 yang digelar mulai hari ini, Rabu (26/7/2023).
Ajang tersebut kembali lakukan untuk yang kedua kalinya, yang tujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia.
DTI-CX 2023 digelar selama dua hari yakni pada 26-27 Juli 2023 di Grand Ballroom, JIEXPO Convention Centre and Theatre, Kemayoran, Jakarta.
Pantauan Logistiknews.id, pada pagi hari hingga menjelang siang di pertama perhelatan itu cukup ramai dihadiri pengunjung.
“Saya sama teman sengaja datang kesini untuk mencari informasi dan mungkin produk terkait kebutuhan kantor kami yang berhubungan dengan digitalisasi logistik,” ujar Afriadi, salah satu pengunjung yang mengaku dari perusahaan yang bergerak di sektor jasa logistik, yang ditemui dilokasi acara tersebut, pada Rabu (26/7/2023).
Inisiatif DTI-CX diprakarsai oleh Adhouse Clarion bekerja sama dengan Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), mendapatkan dukungan resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Ketua Umum MASTEL Sarwoto Atmosutarno, mengatakan bahwa transformasi digital telah membuka peluang baru bagi industri di Indonesia, terutama dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.
Namun, imbuhnya, terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi seperti keamanan siber, perubahan regulasi, dan perubahan ekosistem bisnis teknologi informasi dan komunikasi.
“Oleh karenanya, DTI-CX menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mencari solusi dan mendorong kolaborasi dalam menghadapi tantangan tersebut,” ucapnya.
Ketua Umum APJII Muhammad Arif menambahkan bahwa DTI-CX sangat relevan dalam membantu industri menghadapi era digital. Karenanya, industri di Indonesia harus bertransformasi untuk tetap kompetitif.
“Acara ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk menjelajahi teknologi, produk, dan solusi terbaru yang penting dalam perjalanan transformasi digital mereka,” ujarnya.
Transformasi Digital
DTI-CX menjadi platform penting di mana para pengambil keputusan, ahli teknologi, dan profesional dari 10 sektor industri kunci di Indonesia, yaitu pemerintahan, jasa keuangan, kesehatan, telekomunikasi, infrastruktur, manufaktur, transportasi dan logistik, utilitas, barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG), serta pendidikan berkumpul untuk membahas dan mempercepat transformasi digital di sektor-sektor tersebut.
Acara ini diharapkan menjadi wadah yang memfasilitasi sektor bisnis dan pemerintahan dalam menemukan teknologi, produk, dan solusi terkini yang sangat penting dalam upaya transformasi digital.
DTI-CX 2023 menampilkan lebih dari 100 produk teknologi dan inovasi terbaru yang mendukung transformasi digital dari perusahaan teknologi terkemuka seperti Nokia, Intel, Eikon, Adobe, Cloudmile, Vida, Gygabyte, DCI Indonesia, Trusting Social, Zoho, dan banyak lagi.
Presiden Direktur PT Adhouse Clarion Events, Toerangga Putra, mengatakan acara ini menjadi kesempatan bagi para pemangku kepentingan industri untuk menyaksikan teknologi terkini dalam transformasi digital, strategi inovatif, dan kesempatan untuk berjejaring dengan para pengambil keputusan dan ahli teknologi.
Selain pameran dan konferensi, ada berbagai fitur dan kegiatan menarik yang diadakan dalam rangkaian DTI-CX 2023, termasuk penyelenggaraan APJII Business Forum, Jakarta Smart City (JSC) Workshop, AFTECH Annual Members Survey 2023, ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Award, dan program Business Matching yang akan disediakan secara gratis bagi semua pengunjung acara.[redaksi@logistiknews.id]