Sektor Digital RI dan Tiongkok Diperkuat

  • Share
Menteri Kominfo RI Budi Arie Setiadi menyampaikan sambutannya, pada DTIdi Grand Ballroom JIEXPO Convention Centre Theatre, Rabu (26/7/2023).

LOGISTIKNEWS.ID – Digitalisasi dalam berbagai sektor usaha menjadi hal penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus mengakomodir tuntutan jaman.

Dalam kaitan tersebut, Pemerintah Indonesia kembali memperkuat kerjasama dengan Tiongkok dalam bidang riset, pengembangan teknologi, serta peningkatan kompetensi dan kecakapan sumberdaya manusia digital.

Dalam Pertemuan Bilateral dengan Wakil Presiden Eksekutif dan Sekretaris Eksekutif Utama Asosiasi Sains dan Teknologi (CAST) Tiongkok He Junke di Kantor Kementerian Kominfo, pada Rabu (22/11/2023), Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan kerja sama itu ditujukan untuk menghadapi tantangan dalam pemanfaatan teknologi baru dan sektor digital.

“Saya harap rangkaian acara hari ini dapat menjadi momentum penguatan kerja sama dalam berbagai sektor. Berbagai kerja sama juga telah dibangun oleh kedua negara dan peluang kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok terbuka lebar,” ujar Menkominfo.

Budi Arie menjelaskan, Tiongkok menjadi salah satu mitra dagang terbesar Indonesia. Pada tahun 2022, nilai investasi Tiongkok di Indonesia mencapai USD8,2 Miliar serta total nilai perdagangan sebesar USD133 Miliar.

Oleh karena itu, Pemerintah RI terus mendorong kerja sama dalam penerapan kecerdasan buatan (AI), keuangan digital, kesehatan digital, pemerintahan digital, serta teknologi pengembangan smart city.

Pemerintah juga mendorong kolaborasi pelaku bisnis, akademisi, dan masyarakat untuk dapat mendukung Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas di Indonesia.

“Kami terbuka atas gagasan-gagasan maupun potensi kerja sama ke depan,” ujar Menkominfo.[syf]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *