LOGISTIKNEWS.ID- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3, membukukan catatan kinerja operasional positif pada semester pertama 2024.
Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Group, Karlinda Sari mengungkapkan, capaian kinerja positif ini didorong oleh berbagai faktor, terutama pertumbuhan signifikan pada segmen jasa pelayanan kapal, petikemas dan penumpang.
Dia mengatakan, Pelindo Regional 3 Group berhasil meningkatkan volume kunjungan kapal dengan ukuran yang lebih besar yaitu dengan total kunjungan sebesar 202,2 Juta gross tonage (GT), sehingga dapat melampaui target rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) dan tumbuh 109% secara tahunan (year on year).
“Dengan adanya kunjungan kapal yang lebih besar sehingga volume bongkar muat petikemas juga meningkat, yaitu sebesar 2,9 juta twenty foot equivalent units (TEUs), melampaui target RKAP sebesar 106% dan tumbuh 108% dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ucapnya, pada Selasa (13/8/2024).
Selain itu, imbuhnya, arus penumpang juga mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai 2,8 juta orang.
Angka ini setara dengan 122% dari target RKAP dan tumbuh 124% secara tahunan (year-on-year). Rinciannya, arus penumpang internasional mencapai 177 ribu orang dan domestik sebanyak 2,7 juta orang.
Kinerja posistif ini tidak lepas dari kontribusi aktif dari seluruh pihak termasuk stakeholder dan pengguna jasa.
“Kepercayaan dan kolaborasi yang baik menjadi kunci keberhasilan kami dalam meningkatkan kinerja perusahaan,”ujar Karlinda.
Dia mengemukakan, pertumbuhan kinerja ini mendorong peningkatan pendapatan dari berbagai sumber, antara lain; pendapatan pelayanan jasa kapal, pelayanan petikemas, pelayanan non-petikemas serta pengusahaan alat.
Berkat kinerja operasional yang solid, Pelindo Regional 3 Group berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 357 miliar pada semester pertama tahun ini. Angka ini meningkat 22,24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Karlinda mengatakan, fokus perusahan kedepan adalah memastikan kinerja positif ini bisa terus terjaga hingga akhir tahun ini, dan akan terus memberikan pelayanan terbaik dan menjadi mitra yang terpercaya bagi seluruh stakeholders.[redaksi@logistiknews.id]