Industri Kreatif Cerah, Tahun Ini Ditarget Rp 1.347 Triliun

  • Share
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

LOGISTIKNEWS.ID – Pemerintah Indonesia melalui berbagai kebijakannya, mendukung para generasi muda untuk tidak hanya menjadi penikmat industri kreatif. Tetapi punya andil sebagai pencipta, inovator, dan disruptor di industri itu.

Pemerintah juga menyadari bahwa populasi generasi muda yang dimiliki Indonesia saat ini merupakan aset berharga bagi pertumbuhan ekonomi kreatif.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengemukakan, industri kreatif merupakan salah satu pendorong utama pembangunan ekonomi Indonesia.

“Masa depan industri kreatif Indonesia cerah. Stabilitas ekonomi, populasi generasi muda dan kreatif, serta warisan budaya yang kaya memberikan landasan yang kokoh bagi pertumbuhan,” ujarnya pada Kamis (26/9/2024).

Menko Airlangga mengatakan, nilai tambah ekonomi kreatif pada tahun 2024 ditargetkan mencapai Rp1.347 triliun. Subsektor utama yang mendorong pertumbuhan tersebut meliputi kuliner, fesyen, kerajinan tangan, dan lain-lain.

“Subsektor itu memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB nasional, dan menciptakan lebih dari 20 juta lapangan kerja dan memperkuat posisi Indonesia dalam ekspor global,” ucapnya.

Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa pergeseran global menuju digitalisasi dan inovasi juga telah menciptakan peluang baru bagi sektor kreatif di Indonesia, termasuk film, musik, animasi, game, fesyen, dan seni digital.

Munculnya teknologi seperti artificial intellegence, virtual reality, dan blockchain mengubah cara konten kreatif diproduksi, didistribusikan, dan dikonsumsi.

“Indonesia harus memanfaatkan momen ini dengan mengoptimalkan kemajuan-kemajuan teknologi ini dan mengintegrasikannya ke dalam industri kreatif,” kata Menko Airlangga.

Keberagaman budaya Indonesia yang luas juga merupakan kekuatan lain yang dapat mendorong industri kreatif Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi hingga turut mewarnai kancah global.

Menko Airlangga mengungkapkan  untuk mengoptimalkan potensi industri kreatif, tidak hanya mendorong kreativitas, tetapi juga perlu didukung dengan kerja sama yang kuat antara Pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan.

Kerja sama tersebut berperan penting dalam membangun ekosistem kreatif  yang tidak hanya berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi Indonesia tetapi juga mempromosikan budaya dan kreativitas Indonesia di panggung global.

“Dengan menghubungkan para pelaku industri dengan investor, pembuat kebijakan, dan pemimpin pemikiran, kita dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif dan memposisikan Indonesia sebagai pusat inovasi global,” ucap Menko Airlangga.[syf]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *