Layanan SEHATI, Perizinan Online Tersus & TUKS

  • Share

JAKARTA – Proses perizinan Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) menjadi berbasis online melalui Sistem Elektronik Perhubungan Laut Terintegrasi (SEHATI) mendapat sambutan yang hangat.

Hal ini tentunya sejalan dengan misi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yaitu menjamin efisiensi penyelenggaraan kegiatan kepelabuhan yang andal dan berdaya saing. Ini juga menjadi bukti bahwa Ditjen Perhubungan Laut terus mengikuti arus perkembangan zaman atau digitalisasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo mengatakan apresiasi berdatangan dari berbagai kalangan mulai dari pengusaha hingga masyarakat.

“Ditjen Hubla memperoleh apresiasi dari berbagai kalangan yaitu diantaranya PT Pertamina, PT Asia Madura, PT Antam dan dari masyarakat maritim,” kata Dirjen Agus, melalui keterangan pers-nya, Selasa (27/4/2021).

Dirjen Agus mengungkapkan, SEHATI berawal dari sebuah ide untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Terutama di era serba cepat seperti saat ini, dimana ketersediaan layanan berbasis online dan realtime menjadi tuntutan masyarakat, termasuk dalam hal perizinan.

“Melalui layanan perizinan online maka proses pengurusan menjadi lebih mudah, cepat, menghemat waktu, biaya, tenaga, serta seluruh proses dapat diawasi kapan saja dan di mana saja. Tentu ini menghadirkan suatu kemudahan baru,” ujarnya.

Dari tahun ke tahun, jumlah permohonan perizinan pembangunan dan pengembangan Tersus/TUKS di Indonesia terus meningkat. Di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, semua proses layanan dituntut untuk serba cepat, praktis dan akuntabel dengan memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Demikian juga dalam pengurusan perizinan Tersus/TUKS harus cepat dan tidak berbelit-belit.

Peluncuran Layanan Perizinan Tersus dan TUKS dalam Aplikasi SEHATI ini pun merupakan salah satu solusi dimasa pandemi ini dimana manfaat yang diberikan kepada badan usaha dan masyarakat terasa lebih signifikan. Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk membantu memutus penyebaran Covid-19, dengan mengurangi frekuensi pemberian layanan secara tatap muka.

“Oleh karena itu kami menghadirkan layanan SEHATI dan apresiasi ini menjadi cambuk motivasi agar kami selaku regulator dapat terus lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ucapnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *