Hyundai Motor Pilih PSA Cargo Solution untuk Layanan Logistik Kendaraan Listrik

  • Share
Sumber: Seatrade Maritime News

LOGISTIKNEWS – Hyundai Motor Group telah menunjuk PSA Cargo Solutions (SEA) sebagai home base untuk  layanan logistik utama untuk produksi kendaraan listrik (electric vehicles) canggihnya di Singapura.

Hyunydai’s smart yang merupakan pabrik pintar Hyundai yang berbasis di Jurong Innovation District Singapur – Hyundai Motor Group Innovation Center (HMGIC) ini , akan memproduksi kendaraan listirk (electric vehicles)  pertama yang dibuat di Singapura.

Kontrak logistik PSA adalah salah satu produk dari implementasi MoU pada 2020 lalu, dalam lingkup control tower management, kepatuhan terhadap peraturan, pergudangan, pra-perakitan kendaraan listirk, dan penanganan port-to-plant.

Dr Chi Youngcho, Presiden dan CIO Hyundai Motor Group, mengatakan, hal ni bukan hanya kemitraan layanan dan pasokan logistik yang khas, tetapi kolaborasi strategis yang akan menyediakan platform untuk membayangkan kembali cara mobilitas melalui value creation (creation, delivered and defined).

Sementara itu, Tan Chong Meng, CEO Grup PSA International, mengatakan ini merupakan manufaktur yang canggih, mobilitas cerdas (intelligent mobility), dan produksi kendaraan listrik sejalan dengan  road map Singapore melalui inovasi dan bisnis yang keberlanjutan untuk masa depan Singapura.

“Kami akan terus mengeksplorasi dan menciptakan solusi kargo bersama dengan mitra dan pelanggan kami untuk memungkinkan ekosistem rantai pasokan yang gesit, tangguh, dan berkelanjutan,” ucapnya.

PSA Handle 91.5 Juta TEUs

PSA juga mengumumkan volume yang memecahkan rekor untuk tahun 2021. Gorup Pelabuhan PSA menangani hampir 91,5 juta twenty foot equivalent units (TEUs) Petikemas, dengan pertumbuhan 1,6% di PSA Singapura sebesar 37,2 juta TEUs dan pertumbuhan 8,4% di terminal lainnya dengan total 54,3 juta TEUs.

Menurut Tan Chong Meng, Group CEO PSA, bahwa dunia pada tahun 2021 mengalami perjalanan seperti halnya roller-coaster dengan berbagai gangguan dan kemacetan rantai pasokan yang meluas ditambah dengan pemulihan berkelanjutan dalam perdagangan dan permintaan global.

Terlepas dari berbagai rintangan yang ditimbulkan oleh pandemi global, PSA berkontribusi untuk menjaga rantai pasokan tetap aman dan terbuka bagi pelanggan, mitra, dan pemangku kepentingan kami di seluruh dunia.

“Bahwa PSA perlu menemukan peluang dalam pandemi agar tetap relevan di pasar. Selama dua tahun terakhir ini, PSA telah menghadapi gelombang krisis COVID-19. Untuk itu PSA berusaha untuk menempatkan dan  menanamkan orang-orang kami yang memiliki kelincahan (people greater) dan yang selaras terhadap kebutuhan, tantangan  akan perubahan di masa mendatang (alignment toward)?” tegas Tan Chong Meng.

Dia memastikan PSA akan terus mencari kemitraan yang saling menguntungkan dan berinovasi di luar operasi pelabuhan untuk memberikan solusi kargo yang lebih efisien dan tangguh yang menguntungkan ekosistem rantai pasokan yang lebih besar dan mengkatalisasi pergeseran menuju perdagangan yang berkelanjutan,”tegas Tan.(Bram HW/SMN)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.