KBN & APL Logistics, Kolaborasi garap Gudang Konsolidasi Ekspor di Marunda

  • Share
Penandatangan Nota Kesepahaman Kerja Sama atau Memorandum of Understanding (MoU) pengelolaan gudang konsolidasi ekspor antara KBNPL dan APL Logistik, pada 17 Maret 2022.

LOGISTIKNEWS.ID – PT. KBN Prima Logistik (KBNPL) dan PT. APL Logistics (APLL) sepakat menjalin kerja sama bisnis pengelolaan Gudang Konsolidasi Ekspor di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Kawasan Marunda Blok C-04.

Penandatangan Nota Kesepahaman Kerja Sama atau Memorandum of Understanding (MoU) pengelolaan gudang konsolidasi ekspor tersebut dilakukan oleh Direktur KBNPL Toha Muzaqi dan Muhammad Azfar Khan selaku Direktur APLL, baru-baru ini.

Hadir pada acara penandatanganan MoU tersebut Direksi dan Manajemen PT. KBN Persero dan PT. KBN Prima Logistik, Vice President Regional South East Asia APLL Mr. ST. Khoo, Direktur APLL Muhammad Azfar Khan, dan Customer Service Manager APLL Ramdhani dan Fitri Syajiono, CNS Operation Manager APLL.

Dalam MoU tersebut disepakati bahwa APLL akan menggunakan area seluas kurang lebih 32.682,3 meter persegi di KBN Kawasan Marunda Blok C-04 untuk sepuluh tahun ke depan, dan dapat diperpanjang untuk masa berikutnya.

Rencananya, di atas lahan tersebut, akan dibangun Gudang Konsolidasi Ekspor APL Logistics seluas 10.000 meter persegi (1 hektar) dan Open Yard untuk operasional seluas 22.682,3 meter persegi.

Dalam MoU juga disebutkan tentang kegiatan di Gudang Konsolidasi Ekspor tersebut, di mana KBNPL menyediakan layanan logistik mulai dari stuffing, stripping, handling in, handling out, dan lift off, lift on container isi dan kosong.

Jasa logistik lain yang akan dilakukan KBNPL berupa pengurusan jasa logistik lainnya seperti dokumen kepabeanan, labelling, trucking, dan lainnya.

Dirut PT. KBN (Persero), Alif Abadi menyambut baik kerja sama tersebut dengan harapan memberi nilai tambah bagi KBNPL dan juga APL Logistics. Hal serupa juga dikatakan Mr. ST Khoo dari APL Logistics.

Rambah Bisnis Global

Hadirnya APLL sebagai investor di lingkungan KBN akan turut mendorong peran KBN, termasuk anak usaha KBNPL di tataran bisnis global. Hal ini karena captive market APLL selama ini memiliki pelanggan-pelanggan ternama dengan branding internasional.

Beberapa customer APL Logistics di Indonesia antara lain Esprit, Nike, IKEA, P&G, Calvin Klein, Under Armour, Toyota, Hino, dan masih banyak lagi.

APLL sendiri merupakan Anak Perusahaan dari American President Lines Ltd (APL) yang bertindak sebagai Third Party Lines (3PL) dengan ruang lingkup bisnis skala global.

AP Logistics Indonesia didirikan pada tahun 1991 dan merupakan perusahaan yang berpengalaman dalam bidang Supply Chain di berbagai bidang industri dengan keunggulan khusus pada konsolidasi ekspor untuk retail, korporasi, otomotif dan berbagai industri lainnya.

Kegiatan APLL 60% untuk pasar global dan 40% pada pasar domestik dengan 148 staf profesional yang tersebar di 6 lokasi di Indonesia (3 Jakarta, 1 Jateng, 2 Jatim).

Sampai saat ini APLL telah mengelola kegiatan konsolidasi ekspor di lebih dari 20.000 meter persegi Container Freight Station (CFS) di tiga gudang berbeda dengan volume 1,5 juta CBM/tahun.

Sesuai dengan arah pengembangan dan segmentasi Kawasan KBN, CFS (gudang) yang akan dibangun di KBN Marunda ini akan menjadi prototipe Gudang Konsolidasi Ekspor modern yang didukung dengan teknologi tinggi (hi-tech) atau sebagai pilot project APLL Indonesia New Flow Center.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.