IPC TPK Optimistis Throughput Kian Tumbuh

  • Share
Direktur Komersil dan Pengembangan Bisnis IPC TPK, David P Sirait (Photo:Logistiknews.id)

LOGISTIKNEWS.ID – IPC Terminal Petikemas atau IPC TPK optimismtis dengan berbagai upaya yang dilakukan perseroan saat ini guna meraih peningkatan volume petikemas/ throughput.

Pada 2022, perseroan menargetkan dapat melayani peti kemas ekspor impor maupun antarpulau (domestik) mencapai 2,8 juta twentyfoot equivalent units (TEUs).

Pasca merger PT Pelindo, subholding yang membawahi IPC TPK saat ini yakni PT Pelindo Terminal Petikemas.

Direktur Komersil dan Pengembangan Bisnis IPC TPK, David P Sirait mengatakan,perseroan saat ini telah memberikan pelayanan petikemas dengan sistem jaringan yang terintegrasi antar pelabuhan dan terkelola secara profesional.

“Optimisme kami di 2022, bisa handle 2,8 juta TEUs,” ujarnya kepada wartawan disela-sela Rapat Kerja Nasional IPC TPK di Panjang Provinsi Lampung, pada Selasa (29/3/2022).

Pada tahun 2020, IPC TPK berhasil menangani peti kemas 2,58 juta TEUs dan pada tahun 2022 mencapai 2,72 Juta TEUs

David mengungkapkan, saat ini trend pengiriman barang menggunakan petikemas terus meningkat, karenanya pihaknya akan terus melakukan inovasi dari berbagai aspek termasuk operasiinal dan pemasaran untuk meningkatkan kinerja IPC TPK.

“Termasuk bagaimana menjaring market dibeberapa pelabuhan supaya pengiriman barang yang sebelumnya tidak menggunakan petikemas agar beralih menggunakan petikemas,” paparnya.

PT IPC Terminal Petikemas beroperasi di 6 pelabuhan yang tersebar di Indonesia bagian barat dan tengah, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta; Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat; Pelabuhan Panjang, Lampung; Pelabuhan Palembang, Palembang; Pelabuhan Teluk Bayur, Padang; dan Pelabuhan Jambi, Jambi.

Pada triwulan pertama tahun 2022, IPC TPK telah berhasil menorehkan prestasi dengan diterimanya beberapa penghargaan, termasuk diantaranya memenangkan penghargaan kategori Terminal Terbaik Kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada ajang penganugerahan OP Award 2021 yang diselenggarakan oleh Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

Selain itu, Gold Award The Best IT for SOE’s Company kategori Management of Terminals & Port Facilities pada ajang penganugerahan Indonesia Information Technology Award-IV-2022, 4 penghargaan dalam 2020/21 Vission Award Online Report Competition yang diselenggarakan oleh League of American of Communications Profesionals LLC (LACP) kategori Gold Award for Annual Report, Rank #15 Top Report Worldwide, Platinum Award for Sustainability Report, Rank #43 Top Report Worldwide; dan Best Program in Education in Scholarship Category dan Best Environmental Exellence Award pada ajang Indonesia CSR Excellence Award 2022.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.