Truk Ekspor Impor & Bapok Akan Dilengkapi Tanda Khusus

  • Share
Uji Coba Pembatasan Jam Operasional Angkutan Barang di Jakut pada 24 Maret 2021

JAKARTA – Angkutan barang yang melayani kegiatan ekspor impor dan kebutuhan bahan pokok (Bapok) akan dilengkapi tanda khusus berupa sticker menyusul rencana pembatasan operasional angkutan barang dan logistik pada masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2021/1442 H.

Hal tersebut sesuai dengan hasil rapat kordinasi yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub dengan pelaku usaha angkutan barang yang diwakili asosiasi terkait pada awal Maret 2021.

Tanda khusus/sticker Truk Angkutan Barang itu akan berlaku pada saat diberlakukannya pembatasan pada saat arus mudik Lebaran (10 Mei 2021) pukul 10.00 Wid s/d 12 Mei 2021 pukul 24.00 Wib.

Sedangkan untuk arus baliknya, pembatasan angkutan barang diberlakukan pada 15 Mei 2021 pukul 00.00 Wib s/d 17 Mei pukul 08.00 Wib.

Atas rencana adanya kebijakan pembatasan operasional angkutan barang pada masa Angkutan Lebaran 2021 itu, pengusaha truk yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) telah mengimbau kepada seluruh anggotanya di seluruh Indonesia untuk mematuhi aturan tersebut dengan melengkapi persyaratan yang diperlukan.

“Truk pengangkut barang ekapor impor dan kebutuhan pokok dikecualikan dari rencana aturan pembatasan operasional angkutan barang di masa Lebaran tahun ini,” ujar Gemilang Tarigan, Ketua Umum DPP Aptindo, pada Sabtu (27/3/2021).

Vaksinasi

Gemilang juga mengatakan untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19, para Awak angkutan barang (pengemudi truk logistik/kernet-nya), yang perusahaan Truk-nya tercatat sebagai Aptrindo, akan menerima vaksinasi Covid-19.

Asosiasinya telah menyampaikan permohonan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar Sopir Truk maupun Kernet-nya serta anggota keluarganya bisa menerima vaksinasi Covid-19.

“Sudah ada respon yang baik dari Kemenkes dengan meminta data para Pengemudi Truk Logistik yang akan didaftarkan sebagai penerima Vaksinasi tersebut. Makanya saat ini kami sedang mendatanya, kesemua DPD maupun DPC Aptrindo di seluruh Indonesia,” ucapnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.