Tanjung Perak Gunakan Test GeNose untuk Penumpang Kapal

  • Share
Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo, saat Launching Penggunaan Alat Tes GeNose C-19 di Terminal Gapura Surya Nusantara Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak, pada Sabtu (17/4).

SURABAYA – Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya resmi menerapkan alat Tes Genose Covid-19 menjadi salah satu alternatif persyaratan berpergian untuk calon penumpang kapal.

Penggunaan Genose ini ditandai dengan acara “Launching Penggunaan Alat Tes GeNose C-19 di Terminal Gapura Surya Nusantara Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak” pada Sabtu (17/4/2021).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo dalam kesempatan itu mengatakan, ini sebagai upaya untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Corona Virus disease 2019 (Covid-19) yang terus berpotensi meningkat melalui mobilitas manusia atau perjalanan orang, khususnya dalam hal ini melalui transportasi laut.

“Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah bersinergi dan berkoordinasi dalam mewujudkan penggunaan alat tes GeNose C-19 di sektor transportasi laut,” kata Dirjen Agus.

Dia mengatakan penggunaan alat ini merupakan salah satu bagian dari protokol kesehatan dalam kebiasaan baru, yang perlu ditingkatkan demi terciptanya kehidupan yang produktif dan aman dari Covid-19, mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19, serta melakukan pembatasan pelaku perjalanan pengguna moda transportasi darat, laut, dan udara.

Adapun penggunaan GeNose sebagai salah satu persyaratan penumpang kapal ini telah tercantum dalam Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penggunaan alat tes GeNose C-19 pada sektor transportasi laut sendiri sudah dimulai sejak peluncuran pertama di Pelabuhan Tanjung Priok pada awal April lalu.

“Selanjutnya, direncanakan untuk dilanjutkan pada Pelabuhan Utama yang lain, dan tentunya diharapkan dapat diterapkan juga pada pelabuhan-pelabuhan lainnya di seluruh Indonesia,” ujar Dirjen Agus.

Dia mengungkapkan penggunaan alat tes GeNose C-19 sebagai salah satu syarat perjalanan penumpang transportasi tentunya telah melalui proses studi, penelitian dan uji coba.

Penggunaan alat tes GeNose C-19 di sektor transportasi laut ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat secara umum dan pengguna jasa transportasi laut dan kepelabuhanan secara khusus.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.