Optimalisasi Sistem Logistik Maritim untuk Peningkatan Ekspor Produk Kelautan & Perikanan

  • Share

JAKARTA – Perdangangan ekspor mutlak memerlukan manajemen rantai pasokan dan sistem logistik ekspor yang andal. Selain monitor standar dan kualitas produk yang ketat, perdagangan ekspor mensyaratkan pengiriman produk secara tepat waktu dengan kondisi kualitas produk yang selalu dalam keadaan baik.

Banyak faktor yang harus diperhatikan mengenai kegiatan ekspor produk kelautan dan perikanan mulai dari birokrasi, biaya, serta standar dan kualitas produk ekspor sehingga memerlukan pengelolaan rantai pasok yang efektif. Salah satu faktor yang penting adalah melakukan optimalisasi pada sistem logistik maritim untuk peningkatan ekspor produk kelautan dan perikanan.

Bagaimana menerapkan dan mengoptimalkan Sistem Logistik Maritim untuk Peningkatan Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan dengan tepat? Mengapa hal itu penting bagi penguatan daya saing?.

Indonesia Maritime Club (IMC) Discussion Series yang diinisiasi myshipgo,  kembali hadir di seri ke 31 dengan topik:  Optimalisasi Sistem Logistik Maritim untuk Peningkatan Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan

Adapun Narasumber yakni Prof Dr Ir Togar M Simatupang, M.Tech., Ph.D, Pakar Logistik dan Supply Chain dan Guru Besar Institut Teknologi Bandung, serta Joni Gusmali A.S selaku Senior Consultant Supply Chain Indonesia.

Acara tersebut akan dimoderatori oleh Alexander Hasan, Researcher dan Advisor myshipgo yang juga MBA Candidate dari Kyoto University, Pada hari / Tanggal: Sabtu, 28 Agustus Pukul : 10.00 – 12.00 WIB.

“Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan yang 70% wilayahnya terdiri dari perairan. Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan manfaat dan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim,kelautan,logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi. Selain itu, myshipgo berharap dapat “merangkul” para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari situasi pandemi covid 19 ini demi memajukan Indonesia,” ujar Harlin E. Rahardjo, CEO dan Cofounder myshipgo,mrlalui siaran pers-nya yang diterima redaksi, pada Jumat (27/8/2021).

Dia mengatakan, sebagai salah satu negara dengan wilayah laut terbesar, potensi SDA dan produk2 perikanan dan kelautan sangat besar, terutama untuk ekspor. Namun, potensi tersebut belum dioptimalkan.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan dan memperkuat daya saing ekspor produk kelautan dan perikanan adakah dengan mengaplikasikan sistem logistik yang baik dan tepat. Di IMC 31 ini akan dibahas sistem logistik yang mampu mengoptimakan kegiatan ekspor tersebut, ” tambah Harlin.

“Di IMC 31 ini myshipgo menghadirkan 2 narasumber  yang sangat kompeten. Prof Togar akan menyampaikan ilmu sistem logistik serta supply chain dalam kaitannya dengan kegiatan ekspor impor dan pak Joni akan memamparkan kajian aplikatif dalam proses ekspor produk perikanan dan kelautan , “ tambah Alexander Hasan, Researcher myshipgo, moderator IMC 31.

Adapun pendaftaran mengikuti acara itu bisa melalui link di bit.ly/myshipgo_imc31 atau WA di +62 819 056 049 99.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.