Ketum APBMI Juswandi: PBM Tak Terkait Langsung dengan PAS Truk Pelabuhan

  • Share
Ketua Umum DPP APBMI Juswandi Kristanto

JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI) mengungkapkan pada prinsipnya perusahaan bongkar muat (PBM) tidak terkait kepentingan secara langsung dengan tarif masuk atau PAS di Pelabuhan Tanjung Priok.

Ketua Umum DPP APBMI Juswandi Kristanto, mengatakan secara bisnis PBM bertanggung jawab pada kegiatan stevedoring (bongkar muat), cargodoring, receiving dan delivery. Perusahaan Bongkar Muat (PBM) di pelabuhan juga bukan jasa transportasi trucking.

Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa Perusahaan Bongkar Muat (PBM) di Pelabuhan Tanjung Priok juga mengoperasikan trucking sendiri demi kepastian dan kelancaran bongkar muat khususnya pada kegiatan receiving dan delivery kargo.

Juswandi mengungkapkan, armada trucking yang menjadi supporting bongkar muat oleh PBM pada umumnya merupakan perusahaan tersendiri (transportasi) dan entitas terpisah.

“Jadi kalau yang menyangkut soal rencana penaikkan PAS Truk Pelabuhan di Priok kami serahkan kepada Kantor OP Tanjung Priok dan Manajemen Pelindo Tanjung untuk mencari solusi terbaik dengan melibatkan stakeholders terkait dalam hal ini asosiasi trucking dan pengguna jasanya,” ucap Juswandi, kepada logistiknews.id pada Selasa siang di kantornya (14/12/2021).

Sebagaimana diberitakan, rencana penaikkan Tarif PAS Pelabuhan Tanjung Priok dituangkan berdasarkan Surat Edaran General Manager PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok No: PU.05.02/1/12/2/B.1.1/GM/C.Tpk-2021 pada 1 Desember 2021.

SE itu menyebutkan pemberlakuan penyesuaian tarif pas masuk pelabuhan Priok untuk kendaraan truk dan sejenisnya akan dilakukan dalam dua tahap yakni, tahap pertama-periode 1 Januari 2022 s/d 1 Juni 2022 menjadi Rp 15.000, dan tahap kedua-periode 1 Juli 2022 dan seterusnya Rp 20.000.

Adapun saat ini yang berlaku, tarif PAS pelabuhan untuk kendaraan truk dan sejenisnya tersebut hanya Rp 10.000, untuk setiap kali masuk.(am)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *