Amalia, Ketum IEI: Ekspor Impor RI Belum Terimbas

  • Share
Amalia, Ketua Umum Ikatan Eksportir Importir Indonesia (IEI)-photo:Logistiknews.id

LOGISTIKNEWS.ID – Ikatan Eksportir dan Importir Indonesia (IEI) menyatakan, bahwa kegiatan ekspor dan impor nasional belum terimbas dampak konflik Rusia-Ukraina.

“Hingga saat ini masih berjalan normal belum ada imbas secara keseluruhan. Kita patut besyukur,” ujar Ketua Umum IEI Amalia, kepada Logistiknews.id, pada Selasa (22/3/2022).

Kendati begitu, dia belum bisa memprediksikan jika konflik tersebut terus berlanjut dan berkepanjangan yang kemungkinan bisa memengaruhi ativitas supply chain global.

“Sebagai pelaku usaha, kita mengharapkan dan berdoa semoga kedepannya baik-baik saja dan aktivitas perdagangan global juga bisa berjalan seperti yang kita harapkan bersama,” ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan, merilis bahwa konflik Rusia-Ukraina yang terjadi sejak akhir Februari 2022, belum memberikan dampak terhadap kinerja perdagangan bilateral Indonesia dengan kedua negara tersebut.

“Ekspor dan impor Indonesia-Ukraina pada Februari 2022 masih menunjukkan peningkatan dan mencatatkan surplus perdagangan sebesar USD 3,60 juta,” ungkap Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, melalui siaran pers-nya pada akhir pekan lalu.

Sementara, ekspor dan impor Indonesia-Rusia justru mengalami penurunan dan membukukan defisit perdagangan sebesar USD 4,88 juta di periode yang sama.

Mendag mengatakan, jika dilihat dari kontribusi ekspor Ukraina terhadap total ekspor Indonesia tercatat hanya 0,11 persen di Februari 2022 dan pangsa Rusia terhadap ekspor Indonesia hanya mencapai 0,76 persen.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.