DPD RI Apresiasi Padat Karya di Kepulauan Seribu

  • Share
Pembukaan program Padat Karya dilaksanakan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu, Jakarta yang dihadiri langsung oleh Anggota DPD RI Dapil Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris dan dibuka secara resmi oleh kepala KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Johan Cristoffel.

LOGISTIKNEWS.ID – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu kembali menyelenggarakan Program Padat Karya sebagai wujud peran serta dalam membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Padat karya digelar selama 20 hari selama bulan Ramadan.

Pembukaan program Padat Karya dilaksanakan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu, Jakarta yang dihadiri langsung oleh Anggota DPD RI Dapil Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris dan dibuka secara resmi oleh kepala KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Johan Cristoffel.

“Kegiatan Padat Karya ini dilaksanakan selama 20 hari kalender delapan orang peserta, adapun ruang lingkup pekerjaannya meliputi pengurukan ruang kantor KSOP kelas IV Kepulauan Seribu,” ujar Johan.

Dia mengungkapkan tujuan utama Padat Karya yang dilakukan oleh KSOP Kepulauan Seribu ini adalah menghadirkan negara ke tengah-tengah masyarakat. Sehingga tercipta soliditas dan sinergi dalam upaya menciptakan kesejahteraan bersama, khususnya bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, lanjut Johan, Padat Karya juga sebagai wujud dari PM 70 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya Di Lingkungan Kementerian Perhubungan dan surat sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut nomor PR.003/1/1/DJPL/2022 tanggal 31 Januari 2022 serta sebagai informasi kepada masyarakat bahwa Ditjen Hubla tidak lagi sekadar melakukan pekerjaan sesuai tupoksi, tetapi juga mampu menjaga soliditas dan hubungan baik dengan masyarakat yang berdomisili di sekitar Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut.

“Pekerjaan Padat Karya ini dilakukan melalui pemilihan penyedia di aplikasi LPSE dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja,” ujarnya.

Dalam rangka mensukseskan kegiatan padat karya anggota DPD Fahira Idris dan Kepala KSOP kelas IV Kepulauan Seribu memberikan peralatan kerja secara simbolis kepada para pekerja.

Apresiasi

Anggota DPD RI Fahira Idris, menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Perhubungan khusnya KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu yang mana kegiatan ini masih bisa berjalan terus di tahun 2022 yang dianggap sangat bermanfaat dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan dapat mempekerjakan masyarakat pengangguran, utamanya menunjang perekonomian masyarakat miskin dalam menyambut hari raya lebaran nanti.

“Kami akan selalu membuka pintu kepada semua kepala UPT Ditjen Perhubungan Laut yang berada dibawah pengawasannya dalam sharing terkait kegiatan yang dapat mensejahterakan masyarakat, sekaligus memberi motivasi kepada para pekerja untuk tetap semangat bekerja walaupun sekarang dalam momen memasuki bulan Suci Ramadan harus tetap konsisten dalam bekerja,” ujarnya.

Sementara itu dari pihak Kelurahan Tanjung Priok, Dyah Pertiwi selaku Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangun turut memberikan apresiasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala KSU Tanjung Priok yang diwakili,  Kepala Bagian TU  Otoritas Pelabuhan,  Inayatu Robbani mewakili Kepala OP Priok, Kepala KSOP Sunda  Kelapa Chairul  Awaludin, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Capt. Wahyu Prihanto dan Junero mewakili Kepala KSOP Marunda.(am)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.