Jakarta jadi Tuan Rumah Forum Transportasi Cerdas Asia Pasific ke-19

  • Share

LOGISTIKNEWS.ID – DKI Jakarta terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan forum transportasi cerdas (Intelligent Transport System/ITS) Asia Pasific ke-19 atau The 19th ITS Asia Pacific Forum pada 2024.

Presiden ITS Indonesia, William P Sabandar melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengapresiasi berbagai pihak atas dukungan pada proses “bidding” ITS Indonesia untuk menjadi penyelenggara The 19th ITS Asia Pacific Forum pada 2024.

“Khususnya kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia Bapak Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan,” kata William, dikutip dari Antara.

William menuturkan ITS Indonesia merupakan kepercayaan dan tanggung jawab yang besar terutama dalam hal memimpin ITS Asia Pacific selama dua tahun ke depan.

Melalui kesempatan ini, ITS Indonesia harus dapat menunjukkan kepemimpinan yang terbaik di kawasan Asia Pasifik pada bidang transportasi cerdas dan keberlanjutan lingkungan.

“Oleh karena itu, kami mohon dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, akademisi, pelaku industri serta masyarakat sipil untuk bersama-sama mensukseskan acara ini,” katanya.

Selanjutnya, William akan berkoordinasi dengan kementerian terkait serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempersiapkan rangkaian kegiatan menuju pelaksanaan acara pada 2024.

William menjelaskan Jakarta dipersiapkan sebagai “host city” penyelenggaraan perhelatan ini dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

Jakarta juga merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta orang, yang saat ini juga masih menyandang status sebagai Ibu Kota Negara.

William menambahkan Jakarta berupaya mengembangkan sistem transportasi modern melalui pembangunan dan pengoperasian MRT Jakarta, LRT Jakarta, bus listrik TransJakarta, yang berjalan berdampingan dengan layanan transportasi dan logistik daring Grab Indonesia.

Jakarta juga telah menerapkan pelayanan kota yang terdigitalisasi melalui sistem Jakarta Smart City dan sistem pembayaran transportasi terintegrasi JakLingko. Selain itu, Jakarta juga kaya akan sejarah Indonesia dan memiliki banyak destinasi wisata.

Sementara itu, melalui sambutan video, Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menyampaikan dukungan kepada ITS Indonesia.

“Kementerian Perhubungan memiliki peran dalam mengimplementasikan konsep ‘smart city’ yang dipadukan dengan sistem transportasi cerdas untuk Ibu Kota baru di Indonesia. Kami mendukung penuh ITS Indonesia menjadi tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024,” ujar Budi.

Sedangkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan dukungan terhadap Jakarta sebagai tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024.

“Jakarta telah melaksanakan beberapa program yang bertujuan untuk mengubah kota menjadi kota yang layak huni dan berkelanjutan,” ucap Anies.

Anies mendukung penggunaan sistem transportasi cerdas di Jakarta, sehingga Jakarta siap menjadi tuan rumah The 19th ITS Asia Pacific ITS Indonesia mengajukan tema “Smart Transportation and Sustainable City”.

Pelaksanaan perhelatan ini akan menawarkan pengalaman yang komprehensif, di antaranya melalui rangkaian acara sebelum agenda (pre-event), upacara pembukaan, “plenary session”, “executive session”, “special interest session”, “exhibition”, “Jakarta City Tour” dan “gala dinner”.

ITS Indonesia membuka kesempatan bagi peserta The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024 untuk mengikuti tur ke Bali dan Ibu Kota Negara Indonesia yang baru, Nusantara.

ITS Indonesia juga mengajak anggota aktif ITS Indonesia untuk berpartisipasi di dalam kegiatan ini, di antaranya adalah PT MRT Jakarta, PT Aino Indonesia, PT Hisense International Indonesia, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), PT JakLingko Indonesia, PT Transportasi Jakarta.

Kemudian, PT Trinusa Travelindo (Traveloka), PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek, PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja), PT Jingdong Indonesia Pertama (JD.ID), PT Nutech Integrasi, PT Intiland Development Tbk., PT Jatelindo Perkasa Abadi (Jatelindo), PT Manunggaling Rizky Karyatama Telnics (Marktel), PT Thano Technologies, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON), dan PT Teknologi Karya Digital Nusantara (TKDN).(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.