LOGISTIKNEWS.ID – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IDX:IPCC) berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja positif dan solid selama semester I/2024.
Direktur Utama IPCC Sugeng Mulyadi mengatakan, meskipun dihadapkan dengan situasi geopolitik global yang dinamis serta isu keselamatan pada produsen kendaraan, perseroan mampu mencatatkan kenaikan laba bersih Semester I 2024 sebesar 2,24 % year on year (YoY).
“Hal ini sejalan dengan implementasi strategi Perusahaan yaitu ekspansi bisnis yang berkelanjutan, penambahan market share dan efisiensi,” ujarnya saat menjadi nara sumber di Media Visit IKT pada Selasa (30/7/2024).
Dalam Laporan Kinerja Keuangan Semester I tahun 2024 yang telah disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia(BEI/IDX) beberapa waktu lalu, IPCC berhasil mencatatkan peningkatan laba bersih di paruh pertama tumbuh menjadi Rp.80,69 Miliar dari sebelumnya Rp.78,91 Miliar.
Pencapaian ini, imbuhnya, ditopang oleh peningkatan arus cargo alat berat sebesar 44,23% (YoY) serta cargo truck and bus sebesar 21,82% (YoY) di Terminal Satelit walaupun terjadi penurunan untuk CBU sebesar 1,25% (YoY) secara konsolidasi, dimana proporsi terbesar adalah Terminal Satelit sebesar 40,94%, Terminal Internasional 40,74% dan Terminal Domestik sebesar 18,32%.
Sugeng menambahkan, pelayanan jasa terminal sebagai layanan utama masih menjadi primadona sebagai pencetak pundi-pundi keuangan IPCC dengan kenaikan 1,44% menjadi Rp340,96 Miliar (YoY) hingga Juni 2024.
Kemudian, diikuti dengan pendapatan dari layanan PDC berupa pengusahaan tanah dan bangunan yang meningkat sebesar 45,23% dari Rp.5,8M menjadi Rp.8,5M.
Dirut IPCC mengatakan, di tengah menurunnya nilai impor dan ekspor Indonesia khususnya kargo kendaraan, IPCC berhasil membukukan kinerja positif.
Hal ini, ucapnya, didorong adanya optimalisasi kinerja operasi, implementasi sistem keuangan (PRAYA) serta perubahan pola bisnis di bidang komersial sehingga mendorong optimalisasi pendapatan.
“Berbagai strategi bisnis yang telah diterapkan juga membuahkan hasil manis seperti layanan PDC (Pre-Delivery Centre), Port Stock, serta VPC (Vehicle Processing Centre),” paparnya.
Perolehan laba IPCC yang meningkat salah satu faktornya adalah pertumbuhan beban yang lebih rendah dari kenaikan pendapatan.
“Hal ini menjadi bukti bahwa pengelolaan Perusahaan yang efisien di segala lini dengan peningkatan digitalisasi serta transformasi yang dilakukan pada akhirnya akan memberikan manfaat yang maksimal,” ucapnya.
Sedangkan dari sisi EPS juga meningkat dari Rp43,40 di semester pertama tahun sebelumnya menjadi Rp44,37 di periode yang sama tahun ini.
Adapun dari sisi rasio profitabilitas, juga menunjukkan kinerja yang baik. Seiring dengan kenaikan Laba Tahun Berjalan tersebut, Net Profit Margin IPCC di semester pertama tahun ini melambung menjadi 22,4% serta diikuti oleh EBITDA Margin yang juga menanjak menjadi 44,3%.
Sugeng menambahkan, guna menghadapi tantangan serta mengharapkan kondisi bisnis otomotif yang optimis meningkat hingga puncaknya diperkirakan bulan Oktober 2024, IPCC fokus pada pengembangan strategi bisnis yang berkelanjutan serta terus berupaya untuk memperluas pengelolaan terminal kendaraan di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.
Harapannya, tercipta konektivitas antar terminal yang pada akhirnya dapat menurunkan biaya logistik dengan proses yang efisien dan terintegrasi.
“Pada Semester II tahun 2024, diharapkan seluruh car maker dapat mengirimkan seluruh cargo yang dibuat di dalam negeri untuk diekspor melalui terminal IPCC,” ujar Sugeng.[redaksi@logistiknews.id]