LOGISTIKNEWS.ID – Global Sources Indonesia, sebagai pameran dagang produk elektronik dan lifestyle yang paling ditunggu kembali hadir tahun ini untuk memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan perekonomian Indonesia.
Acara ini dirancang untuk membantu pengusaha lokal mengembangkan bisnis mereka dengan menstimulasi hubungan dagang dan kerjasama antara Indonesia dengan berbagai negara di dunia.
Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh inovasi dan semangat kewirausahaan yang semakin berkembang di kalangan pengusaha lokal.
Global Sources Indonesia hadir sebagai platform yang ideal untuk mempertemukan pemilik bisnis, distributor, importir, dan retailer dengan produsen, supplier, dan mitra bisnis dari negara lain termasuk Tiongkok, Korea Selatan, Taiwan, dan Hong Kong untuk menjalin kerjasama strategis yang dapat mendorong ekspansi bisnis dan meningkatkan daya saing global.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) Soegiharto Santoso mengatakan, acara Global Sources Indonesia 2024 bukan hanya menjadi ajang kolaborasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia tapi juga membantu pengusaha lokal dalam pencarian barang dengan lebih mudah dan murah.
“Global Sources Indonesia tak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi, tapi juga mempermudah aksesbilitas pengusaha elektronik untuk bertemu dengan supplier dan produsen produk elektronik dalam pencarian produk baru, dan memperluas jaringan supplier mancanegara dengan biaya yang lebih efisien tanpa sourcing keluar negeri, ditambah semakin ringan dengan adanya consolidation buying,” ujarnya melalui keterangan resmi diterima redaksi Logistiknews, dikutip Rabu (11/9/2024).
Dia menambahkan, acara ini bisa dimanfaatkan bagi pengusaha lokal dan UMKM yang ingin menciptakan brand elektronik sendiri bisa dimulai dari OEM/ODM, yang diharapkan bila brand tersebut sudah establish, para pengusaha bisa meningkatkan TKDN produk mereka sendiri, dimana hal ini sering kali menjadi kendala pada tahap awal memulai bisnis.
“Harapannya, bisa menstimulasi peningkatan jumlah brand OEM/ODM lokal yang ke depannya dapat menciptakan kolaborasi turunan dari hubungan dagang antar negara-negara yang hadir pada pameran ini dengan Indonesia,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Peralatan & Pakaian Olahraga Indonesia (Equinoc) Dimas Yustisia Putra menyatakan, Indonesia tengah dilanda demam gaya hidup sehat.
Hal ini terlihat dari maraknya acara lari dan bersepeda yang diadakan oleh berbagai perusahaan, padatnya CFD pada hari minggu di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, serta meningkatnya penjualan produk sportware dan peralatan olahraga lainnya di Indonesia secara signifikan dalam 5 tahun terakhir.
Presiden Direktur Adhouse Clarion Events, Toerangga Putra, mengatakan pameran Global Sources Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara para pengusaha lokal dengan supplier mancanegara pada produk elektronik dan lifestyle yang akan berpengaruh pada pertumbuhan bisnis di tanah air.
Menurutnya, lebih dari 600 supplier dan manufaktur terkemuka dari Indonesia, Tiongkok, Taiwan, Hongkong dan Korea Selatan akan hadir di acara ini dan menampilkan lebih dari 80.000 sampel produk elektronik dan lifestyle terbaru dan terinovatif.
“Global Sources Indonesia bukan hanya sebuah pameran dagang, tapi juga merupakan kesempatan bagi distributor, importir, pemilik merek OEM/ODM, retailer, online seller, wholeseller dan corporate buyer untuk mengeksplorasi produk terkini yang akan ditampilkan selama 3 hari,” jelas Toerangga.
Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan, dalam lima tahun ke depan (2024-2029) menunjukkan bahwa tren produk olah raga akan terus berlanjut dengan pertumbuhan sekitar 7-10%.
Hal ini didorong oleh terus berkembangnya budaya gaya hidup sehat dan meningkatnya kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik.[syf]