ISAA Komitmen Sokong Efisiensi Logistik Nasional

  • Share

JAKARTA – Indonesia Shipping Agency Association (ISAA) sebagai wadah profesional para perusahaan keagenan kapal asing yang beroperasi di Indonesia.

ISAA adalah Organisasi Profesi dari Perusahaan Keagenan Kapal di Indonesia yang menjadi mitra Pemerintah dan bersifat mandiri serta bukan organisasi politik.

ISAA berazaskan Pancasila yang bertujuan mempersatukan Perusahaan Keagenan Kapal di Indonesia agar bisa bekerjasama dalam meningkatkan kompetensinya sehingga bisa berkompetisi secara global dan turut menumbuhkan perekonomian nasional demi tercapainya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Saat ini Kepengurusan DPP ISAA yang berkantor pusat di bilangan Tanjung Priok Jakarta Utara itu, dinahkodai Juswandi Kristanto dan didampingi Sekjen Aris Hartoyo.

Dalam kiprahnya, operasional usaha keagenan kapal anggota ISAA juga berkomitmen dalam mengedepankan efisiensi logistik nasional (Lognas) yang diprogramkan oleh Pemerintah.

Dari sisi usahanya, perusahaan keagenan kapal juga telah ikut berkontribusi pada penambahan ribuan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

Bahkan sejak tahun 2016 pemerintah melalui Permenhub No.11/2016 telah menetapkan usaha keagenan kapal  di Indonesia bisa dilakukan oleh perusahaan angkutan laut pemegang Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) maupun perusahaan keagenan kapal yang telah mengantongi Surat Izin Usaha Perusahaan Keagenan Kapal (SIUPKK).

Berdasarkan data Ditjen Hubla Kemenhub, sejak 2017 s/d 2021 (lima tahun terakhir), telah diterbitkan sebanyak 769 SIUPKK.

Jika diasumsikan satu perusahaan pemegang SIUPKK mempekerjakan rata-rata 20 orang pekerja maka terdapat sekitar 15.000-an pekerja di sektor usaha keagenan kapal pemegang SIUPKK itu.

Jumlah itu belum termasuk kegiatan keagenan kapal yang dilakukan oleh pemegang SIUPAL.(am)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.