Temas Shipping Optimistis Kinerja Angkutan Kontainer Domestik Tumbuh 10% Tahun Ini

  • Share
Japie E Tasijam

JAKARTA – Pelaku usaha pelayaran nasional menyebutkan kinerja angkutan peti kemas domestik pada tahun ini diproyeksikan bisa tumbuh rata-rata 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Optimisme itu diungkapkan Direktur Operasional PT Pelayaran Tempuran Emas /Temas Shipping, Capt. Japie E Tasijam, saat ditemui dikantornya pada Jumat (9/4/2021).

“Sebab kalau melihat tren-nya, kinerja angkutan peti kemas domestik tahun ini bisa tumbuh 10 persen. Indikatornya selama triwulan ke empat tahun 2020 dan pada triwulan pertama tahun 2021 terdapat peningkatan 10% hingga 15%,” ujar Japie.

Dia juga mengungkapkan selama triwulan I tahun 2021, produktivitas angkutan peti kemas domestik oleh Temas Shipping semakin membaik jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Apalagi, imbuhnya, memasuki awal tahun ini Temas Shipping telah menambah 5 unit kapal untuk menambah pelayanan kepada customer di sejumlah rute domestik.

“Sampai akhir 2020, kami memiliki 45 kapal namun pada awal tahun ini ada penambahan 5 kapal, dan hingga triwulan I/2021 ini semuanya ada 50 kapal,” tutur Japie.

Dia meyakini, untuk rute angkutan domestik kawasan timur maupun barat masih prospektif bagi pelayaran nasional meskipun kompetisi di rute tersebut cukup ketat.

“Pertumbuhan kinerja Temas Shipping juga berkat program Tol Laut yang kini ada  enam rute yang kami layani,” paparnya.

Capt Japie mengatakan, untuk angkutan kontainer domestik program Tol Laut yang berpotensi muatan baliknya cukup bagus yakni di Maluku dan Saumlaki dimana rata-rata bisa mencapai puluhan kontainer.

Dia juga menjelaskan bahwa meskipun Pemerintah telah menerbitkan aturan pembatasan/larangan pada musim Mudik Lebaran tahun ini, namun untuk layanan angkutan barang dan logistik via angkutan laut masih bisa berjalan seperti biasa.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.