APBMI Jatim Gelar Muswil ke-2, Ini Arahan Ketum Fuadi

  • Share

ASOSIASI Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Jawa Timur, menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-2, di Surabaya pada Selasa (25/5/2021).

Muswil tersebut diharapkan menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat membawa kemajuan bagi usaha jasa bongkar muat, khususnya di Provinsi Jawa Timur.

Berikut arahan Ketua Umum DPP APBMI, H. Muhammad Fuadi, pada Muswil yang mengusung tema ‘Mempertahankan Eksistensi Perusahaan Bongkar Muat (PBM)’ tersebut, yang diterima redaksi logistiknew.id, pada Selasa (25/5).

Yang terhormat:

Gubemur Provinsi Jawa Timur
Walikota Surabaya
Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Propinsi Jawa Timur
Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya
Direksi PT. Pelindo 111 (Persero)
CEO PT. Pelindo III (Persero) Regional Jawa Timur
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya
Para Ketua Asosiasi Kepeıabuhanan (DPW ALFIALFA JATIM, DPW APTRINDO JATIM, BPD GINSI JATIM, DPD GPEI JATIM, DPC İNSA  ORGANDA)
Para Pengurus DPW/DPC APBMI (Jawa Timur, Gresik, Kalianget, Probolinggo, Banyuwangi)
Serta para hadirin yang kami muliakan.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat Pagi, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,

Pertama-tama ijinkan Dewan Pengurus Pusat APBMI mengucapkan, “Selamat Idul Fitri 1442 H/2021 semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan berkah-Nya kepada kita semua dengan penuh sukacita”.

Marilah kita menundukkan kepala sejenak untuk bersama-sama memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, kita semua diberikan kekuatan, kesehatan dan kelapangan hati sehingga kita dapat bersama-sama menghadiri acara Musyawarah Wilayah APBMI Jawa Timur 2021 pada hari ini.

Bapak/lbu, Saudara (i) sekalian yang saya hormati.

DPP APBMI sangat bangga dan berterima kasih kepada Pengurus DPW APBMI Jawa Timur, yang kami percaya selalu memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga APBMI untuk menyelenggarakan Musyawarah Wilayah APBMI Jawa Timur, yang bertujuan berkoordinasi, sinkronisasi serta untuk mendapatkan maşukan tentang permasalahan dan kendala yang dihadapi PBM anggota DPW APBMI Jawa Timur.

Bapak/lbu, Saudara (i) sekalian yang saya hormati.

Dengan telah ditandatandanginya Undang-Undang tentang Cipta Kerja (Omnibus Law) dan kemudian terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Pelayaran dimana Perusahaan Bongkar Muat (PBM) sebagai anggota APBMI kembali diperhatikan oleh Pemerintah dengan adanya pembagian wilayah kerja di Pelabuhan sehingga PBM dapat melakukan pekerjaan bongkar muat di Pelabuhan dan bersinergi dengan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) dalam hal ini PT. Pelabuhan Indonesia.

Sehingga APBMI dapat terus memberikan kontribusi positif bagi industri kepelabuhanan dan pelayaran di tanah air khususnya di wilayah Jawa Timur, termasuk juga dengan Pemerintah, Stakeholder maupun Asosiasi Kepelabuhanan di Jawa Timur.

Musyawarah Wilayah APBMI Jawa Timur ini juga dapat lebih mendorong dan meningkatkan kinerja bongkar muat diseluruh Pelabuhan Jawa Timur menjadi lebih produktif dan efisien dimana DPW APBMI Jawa Timur dituntut untuk lebih berperan pro-aktif termasuk juga dalam menjalinkan kerjasama bongkar muat antara Perusahaan Bongkar Muat (PBM) anggota DPW APBMI Jawa Timur dengan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sebagai pengelola pelabuhan yang telah mendapatkan konsesi sesuai dengan undangUndang dan Peraturan Pemerintah dalam menciptakan hubungan kerja yang kondusif.

Diharapkan Pengurus DPW APBMI APBMI Jawa Timur hasil Muswayarah Wilayah APBMI Jawa Timur yang nanti terpilih dapat menegakan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Pelayaran yang terkait dengan pasal-pasal mengenai kegiatan usaha jasa bongkar muat dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 152 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal, maka sangat perlu segera dibuatkan aturan di dalam kerjasama bongkar muat di Pelabuhan dimana bersama-sama hasil rapat menyetujui akan melakukan kerjasama bongkar muat di Pelabuhan dan baru DPP APBMI sampaikan kepada PT. Pelabuhan Indonesia I pada pertemuan Bulan April 2021 di Medan.

Bapak/lbu, Saudara (i) sekalian yang saya hormati.

DPP APBMI juga mengharapkan dalam Musyawarah Wilayah APBMI Jawa Timur pada hari ini juga dapat membahas rencana pelaksanaan Musyawarah Nasional VIII APBMI yang akan direncanakan akan dilaksanakan di Bali pada bulan Oktober 2021.

Dimana diharapkan DPW APBMI Jawa Timur dapat membantu DPW APBMI Bali sebagai tuan rumah sehingga pelaksanaan Musyawarah Nasional dapat berjalan dengan lancar dan tertib sesuai AD/ART dan dapat segera disampaikan kepada DPW dan DPC serta PPC APBMI diseluruh Indonesia untuk dapat melakukan persiapan mengikuti Musyawarah Nasional VIII APBMI Tahun 2021.

Akhir kata DPP APBMI, mengucapkan selamat melaksanakan Musyawarah Wilayah APBMI Jawa Timur Tahun 2021 semoga dapat berjalan sesuai rencana dan menghasilkan keputusan-keputusan yang dapat membawa kemajuan bagi usaha jasa bongkar muat di Jawa Timur.

DPP APBMI menunggu hasil Musyawarah Wilayah APBMI Jawa Timur Tahun 2021 dan akan segera melantik serta mengukuhkan Kepengurusan Baru DPW APBMI Jawa Timur masa bakti 2021 – 2026.

Sekian dan terima kasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua Umum DPP APBMI
H. Muhammad Fuadi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.