Jelang Munas ke VIII, Siapa Paling Berpeluang Pimpin APBMI ?

  • Share
HM Fuadi (kiri), Juswandi Kristanto (kanan)

JAKARTA – Musyawarah Nasional (Munas) ke VIII, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) dijadwalkan digelar di Jakarta pada 26-28 Oktober 2021.

Sejumlah sumber di kalangan asosiasi penyedia dan penggun jasa di pelabuhan Tanjung Priok mengungkapkan, Pimpinan Daisy Group Juswandi Kristanto dinilai cocok untuk diberikan kesempatan memimpin sebagai Ketua Umum DPP APBMI periode lima tahun mendatang.

“Beliau (Juswandi) sudah cukup lama berkiprah di perusahaan bongkar muat, selain sebagai owners beliau juga cukup familiar dan aktif di organisasi APBMI selama ini serta memiliki networking dengan stakeholders, Pelindo/BUP dan instansi terkait termasuk dengan unsur buruh pelabuhan. Juswandi berpeluang memimpin APBMI periode lima tahun kedepan “, ujar sumber yang aktif di Aptrindo dan ALFI itu.

Kendati begitu, dia mengungkapkan sosok inchumbent (HM Fuadi) juga masih memiliki peluang untuk kembali memimpin APBMI jika masih mendapat dukungan mayoritas anggota.

“Kita tunggu saja waktunya (Munas) siapa yang paling dipercaya oleh anggota tentunya akan menjadi nakhoda di asosiasi itu, ujarnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini berbagai persiapan dalam menyambut gelaran ajang tersebut terus dilakukan oleh pihak panitia pelaksana/organizing commitee (OC) dalam hal ini DPW APBMI DKI Jakarta.

Munas tersebut rencananya akan di ikuti lebih dari 400-an perusahaan bongkar muat (PBM) diseluruh wilayah Indonesia anggota asosiasi itu yang sekaligus akan melakukan pemilihan secara langsung Sosok Ketua Umum asosiasi tersebut untuk periode 5 tahun kedepan.

Sebelumnya, Juswandi Kristanto, Pimpinan Daisy Group, menyatakan kesiapannya untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum APBMI periode lima tahun mendatang (2021-2026).

“Saya nyatakan disini bersedia maju sebagai Ketum APBMI untuk periode lima tahun mendatang. Saya mendapat amanah dari  anggota dan berbagai pengurus APBMI di daerah-daerah untuk pencalonan ini. Insya Allah, saya akan menjaga dan memegang teguh kepercayaan rekan-rekan PBM tersebut,” ucap Juswandi.

Juswandi mengatakan, akan membawa APBMI sebagai organisasi yang lebih solid dengan terus mendorong eksistensi PBM sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional.

“Harmonisasi sinergitas yang telah terjalin dengan berbagai pihak, seperti regulator/pemerintah, BUP ataupun PT Pelindo, serta asosiasi maupun stakeholders terkait akan terus ditingkatkan,” paparnya.

Pra-Munas

Sebagai mana diketahui, sebelum Jadwal Munas ke VIII dilakukan akan dilaksanakan pra-Munas di hari pertama dengan sejumlah agenda pembahasan yang merupakan usulan dari seluruh anggota APBMI di daerah-daerah.

Saat ini, usulan-usulan tersebut juga sudah masuk ke Pantia (OC). “Kami harapkan Munas kali ini berjalan dengan lancar dan seluruh PBM anggota APBMI dapat berperan aktif menyukseskan ajang lima tahunan ini,” ujar Juswandi yang saat ini juga menjabat Ketua DPW APBMI DKI Jakarta.

Inchumbent

Hal senada juga dikemukakan Chief Executive Officer/CEO Tubagus Group, H.M. Fuadi Ketua Umum DPP Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) periode 2016-2021.

Sebagai inchumbent, HM Fuadi mengatakan dirinya siap maju kembali sebagai Ketua Umum DPP APBMI untuk periode lima tahun kedepan jika aspirasi daerah-daerah dan PBM anggota APBMI menginginkannya.

“Sebagai inchumbent saya bersedia, dan akan menjalankannya jika dititipi amanah kembali untuk memimpin APBMI ini lima tahu kedepan,” ucapnya.

Diapun berharap APBMI tetap solid dan bisa lebih bersinergi antara para pengurus di pusat dan di daerah-daerah.

Fuadi juga mendukung soal penerapan single billing pada kegiatan layanan bongkar muat di pelabuhan ketimbang PBM melakukan banting tarif pelayanannya.

“Makanya sebagai Ketum APBMI saya gak perlu jadi ‘rambo’ atau merasa kuat-kuatan dengan BUP atau Pelindo, tetapi justru kita semua bisa saling merangkul dan bersinergi agar tercipta layanan pelabuhan yang lebih baik dan efisien,” ujar Fuadi.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *