Kompetensi 3 Anggota Asosiasi Ini Agar Gunakan LSP-LIP,  Kenapa ?

  • Share
Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Logistik Insan Prima (LSP-LIP) Henry Ruswoto

LOGISTIKNEWS.ID – Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Logistik Insan Prima (LSP-LIP) Henry Ruswoto menegaskan bahwa agar perusahaan anggota ALFI, Aptrindo dan Asdeki, menggunakan LSP-LIP untuk meningkatkan kompetensi SDM nya.

Hal tersebut disampaikan Henry dalam Diskusi dan Sharing Sosialisasi Persiapan dan Persyaratan Uji Kompetensi yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis (28/7/2022).

Dia mengatakan LSP-LIP yang telah berdiri sejak tahun 2015 merupakan lembaga yang didirikan oleh tiga Asosiasi yakni Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) dan Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki).

LSP-LIP juga telah menjadi kepanjangan tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melakukan sertifikasi profesi.

“Jadi perusahaan anggota ketiga organisasi atau asosiasi itu agar memanfaatkan LSP-LIP dalam mendukung peningkatan kompetensi SDM nya. Kalau ada masalah soal kompetenai SDM nya datangnlah ke kami, kalau datang ke LSP lain itu sangat disayangkan,” ucapnya.

Henry mengungkapkan, saat ini apapun yang dibuat oleh LSP-LIP sudah melalui persetujuan dari pihak BNSP.

Apalagi, imbuhnya, kompetensi profesi SDM juga diatur sesuai UU No 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dan Peraturan Pemerintah 83/2019 tentang Penyediaan Temaga Tehnis yang Kompeten di Bidang Perdagangan Jasa.

“Yang abai atas regulasi itu maka resikonya bisa diberikan peringatan tertulis, denda hingga Rp 5 millar serta pencabutan izin usahanya,” ujar Henry.

Kegiatan sosialisasi itu juga dihadiri Ketua Umum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan dan  perusahaan anggota Aptrindo di sejumlah daerah.(am)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.