J&T Express, Fokus Layanan Logistik Berkelanjutan

  • Share

LOGISTIKNEWS.ID – J&T Express sebagai perusahaan logistik, merilis laporan Environmental, Social, and Governance (ESG) perdananya secara global.

Laporan tersebut mengulas upaya dan pencapaian penting perusahaan selama 2023 di bidang tata kelola perusahaan, perlindungan lingkungan, produk dan layanan, keamanan informasi dan perlindungan privasi serta pengembangan karyawan, yang mencerminkan komitmen dan tekad J&T Express dalam menjadi perusahaan yang sehat dan berkelanjutan.

Dalam pengelolaannya, J&T Express telah membentuk struktur tata kelola ESG yang mencakup seluruh tingkatan.

Hal ini melibatkan Dewan Direksi, tim kerja ESG, hingga berbagai departemen lain untuk melangsungkan terjadinya koordinasi pengelolaan ESG di dalam perusahaan.

“Demi meningkatkan kepatuhan dan sistem manajemen risiko, J&T Express menganut manajemen kepatuhan dan berkomitmen untuk membangun struktur tata kelola perusahaan yang komprehensif,” tulis siaran pers J&T Express yang diterima Logistiknews.id, pada Senin (3/6/2024).

Disisi advokasi serta pelatihan dalam rangka memberikan landasan kuat untuk pengembangan upaya berkelanjutan berkualitas tinggi, pada 2023, J&T Express juga telah mengadakan sesi pelatihan etika dan integritas bisnis bagi 58.000 peserta.

Selain itu, perusahaan mendorong pengembangan ramah lingkungan dan rendah karbon untuk penerapan operasional yang berkelanjutan di seluruh lini mencakup seluruh proses mulai dari penjemputan paket, paket saat transit, pengiriman paket, hingga proses daur ulang limbah kemasan paket.

Juga telah mengimplementasikan  penggunaan satu lembar e-waybill, recyclable courier box, karung paket di pusat sortir yang dapat digunakan kembali, dan peralatan pengelolaan kemasan yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan kemasan berlebih.

Bahkan, hingga akhir Desember 2023, lebih dari 25,6 juta karung paket di pusat sortir yang dapat digunakan kembali telah digunakan lebih dari 1,1 miliar kali.

Di area green transportation, J&T Express telah menerapkan model transportasi ramah lingkungan four-in-one.

Model ini berfokus pada pengelolaan konsumsi bahan bakar di sepanjang rute, optimalisasi struktur transportasi dan pemanfaatan energi, serta memberikan pelatihan dan pemahaman akan penghematan energi kepada para pengemudi untuk mendorong penerapan tersebut dan transformasi struktural dari energi transportasi.

Pada tahun 2023, J&T Express telah meluncurkan 150 kendaraan berbahan bakar LNG dan 63 kendaraan intelligent driving, yang dapat membantu pengemudi serta mengurangi konsumsi energi untuk rute jarak jauhnya.

Rekomendasi TCFD

Mengacu pada rekomendasi Task Force on Climate-related Financial Disclosures (TCFD), J&T Express mengembangkan sistem manajemen perubahan iklim pada empat aspek kerangka yang meliputi tata kelola, manajemen risiko, strategi manajemen, serta indikator dan target.

J&T Express menggunakan sistem ini untuk mengidentifikasi risiko dan peluang perubahan iklim serta mengambil tindakan yang sesuai untuk mendukung upaya mitigasi perubahan iklim dalam upaya merespons dan beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Perusahaan berkomitmen untuk menyediakan solusi logistik berkualitas tinggi dengan membangun sistem produk pengiriman ekspres yang menyeluruh. Pada tahun 2023, J&T Express juga telah memperoleh beberapa sertifikasi sistem keamanan informasi resmi seperti ISO 27001 dan ISO 27701.

Juga telah memanfaatkan keunggulan operasionalnya dan berkontribusi terhadap pengembangan serta peningkatan komunitas di tempat mereka beroperasi.

Di Tiongkok, J&T Express mendirikan jalur khusus pertanian dengan jaringan lebih dari 220.000 desa dan bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan masyarakat untuk menyediakan sumber daya bagi sekolah-sekolah pedesaan di daerah terpencil.

Sedangkan di Indonesia, J&T Express mengadakan J&T Super Seller untuk berkontribusi terhadap pengembangan UMKM dan meluncurkan J&T Connect pada 2023 yang memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas untuk mengembangkan bisnis UMKM mereka.[redaksi@logistiknews.id]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *