LOGISTIKNEWS.ID – Ninja Xpress memperkuat komitmennya dalam mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan menghadirkan program Creative Business Solutions di Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Tasikmalaya, Garut, Kuningan, Malang, Pekalongan, dan Medan, pada tahun 2022 ini.
Program ini mendorong para UMKM agar bisa terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan atau pemasaran produk sehingga dapat memaksimalkan potensi bisnis di tengah tren digitalisasi.
“Kami akan terus menghadirkan berbagai inovasi layanan dan rangkaian program untuk terus membantu pelaku UKM di Indonesia,” ujar CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa dalam keterangan tertulis, baru-baru ini.
Pada 2021, Ninja Xpress mencatat peningkatan volume pengiriman barang hingga dua kali lipat dibandingkan dengan pencapaian pada 2020. Bahkan, capaian pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2021 meningkat empat kali lipat dibanding 2020. Adapun peningkatan yang signifikan terjadi pada musim festival belanja online 10.10 hingga 12.12.
Pencapaian impresif yang diraih oleh Ninja Xpress ini menjadi bukti bahwa para pelaku UKM tidak mau tunduk oleh pandemi dan tidak menyerah terhadap berbagai tantangan saat ini.
Sepanjang 2021, Ninja Xpress melakukan pengiriman dengan rata-rata hingga satu juta paket per harinya. Pengiriman didominasi oleh kategori paket berukuran kecil dengan jumlah sekitar 90%.
“Umumnya, barang yang dikirimkan berupa pakaian anak, pakaian olahraga, kosmetik, serta prodk perawatan diri,” ucapnya.
Adapun wilayah terbanyak pelaku UKM yang melalukan pengiriman adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Sementara tujuan pengiriman terbanyak diraih oleh Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur.
Andi mengatakan, capaian itu diraih berkat inisiatif perusahaan dalam memberikan layanan jasa pengiriman yang bebas repot dan tapa drama melalui layanan konsumen atau customer care, yakni menempatkan konsumen sebagai prioritas utama pada pelayanan. (syifa)