Gandeng FedEx, Marlinda Craft Rambah Ekspor Kerajinan ke Pasar Global

  • Share

LOGISTIKNEWS.ID – Pandemi Covid-19 telah memengaruhi jumlah penjualan berbagai skala bisnis, terutama mereka yang mengandalkan pengalaman berbelanja langsung.

Namun dibalik itu,  pandemi juga memberikan peluang baru bagi para pengusaha kecil dan menengah (UKM) dan menjadi faktor pendorong pertumbuhan perdagangan e-commerce. Pergeseran bisnis ke ranah digital ini  telah membuka batas dan memperluas jangkauan pasar UKM.

Marlinda Craft, produsen kerajinan asal Indonesia, memanfaatkan tren ini dan mengarahkan bisnis mereka ke pasar di luar Indonesia.

Elang Handayana, pendiri Marlinda Craft, pun melihat peluang dari terjadinya lonjakan permintaan pada perdagangan lintas batas, walaupun ketika sedang terjadi penurunan permintaan di dalam negeri, sehingga dia memutuskan untuk mengikuti tren yang ada.

Pada tahun 2010, Elang memulai bisnisnya dengan menjual berbagai kerajinan batik dan kayu di Yogyakarta seperti selendang, gantungan kunci, dan miniatur berbagai alat musik.

Menyadari bahwa permintaan terhadap miniatur gitar lebih tinggi dan hanya beberapa pengrajin yang bermain di industri ini, Elang dan timnya memutuskan untuk fokus menguasai pasar kerajinan tersebut.

Dalam proses membangun kembali merk-nya, Elang meluncurkan situs web di tahun 2012. Melalui situs e-commerce, pelayanan untuk pelanggan internasional dapat menjadi lebih mudah dan nyaman. Karena peningkatan pesanan dan keterbatasan pengalaman dalam mengekspor barang, Elang mulai mencari cara yang efisien untuk mengirimkan produknya ke luar negeri.

“Saya beruntung bertemu dengan perwakilan dari FedEx Express di saat yang tepat. FedEx memberikan edukasi lebih lanjut mengenai seluruh cakupan pengelolaan pengiriman produk ke luar negeri, mulai dari hulu sampai ke hilir. Mereka sangat membantu dan responsif, terutama ketika saya memiliki banyak pertanyaan. Secara keseluruhan, saya merasa sangat terbimbing dan nyaman bekerja dengan FedEx,” ucap Elang Handayana.

Kolaborasi dengan FedEx telah menjadi tonggak pencapaian besar dalam perjalanan Marlinda Craft. Rangkaian layanan digital FedEx, seperti Manajer Pengiriman FedEx, Dokumen Perdagangan Elektronik FedEx, Manajer Perdagangan Global FedEx, telah membantu untuk membangun dan melindungi reputasi bisnis digital Marlinda Craft.

Upaya dan komitmen Elang untuk selalu memberikan produk dan layanan dengan kualitas terbaik akhirnya membuahkan hasil. Setelah 11 tahun berdiri, Marlinda Craft telah berkembang dan kini memiliki dua pabrik yang berlokasi di Yogyakarta dan Jawa Barat, dan mengirimkan produknya ke beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, Jepang, China, Dubai, Qatar, dan Asia Pasifik.

Go Global

Elang mengajak para pelaku UKM lainnya untuk go global. Dia berpendapat, “Pandemi ini telah memberikan dampak yang signifikan kepada bisnis. Namun, mungkin ini merupakan waktu terbaik untuk mengalihkan bisnis ke digital, menjelajahi kegiatan ekspor, dan memperkenalkan produk kepada dunia.

Elang Handayana, pendiri Marlinda Craft

“Pada awalnya, saya tidak memiliki pengalaman yang cukup, tapi nyatanya saya berhasil memperluas jangkauan dan saya percaya bahwa UKM lokal lainnya dapat melakukan hal serupa. Saat ini, banyak platform e-commerce yang memungkinkan kita untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Raihlah kesempatan itu, dan yang terpenting, temukan mitra logistik yang tepat untuk membantu Anda mencapai tujuan go global.  Jika berhasil memperluas pasar, tentu akan ada lebih banyak peluang yang dapat Anda manfaatkan,” ucapnya.

Sebagai informasi, FedEx Corp. (NYSE: FDX) menyediakan pelanggan dan bisnis di seluruh dunia dengan portofolio yang luas dari transportasi, e-commerce dan layanan bisnis.

Dengan pendapatan tahunan sebesar $92 miliar, perusahaan ini menawarkan solusi bisnis terintegrasi melalui operasi perusahaan yang bersaing secara kolektif, beroperasi secara kolaboratif, dan berinovasi secara digital di bawah merek FedEx yang disegani.

Secara konsisten menempati peringkat di antara perusahaan yang paling dikagumi dan dipercaya di dunia, FedEx menginspirasi 600.000 anggota timnya untuk tetap fokus pada keselamatan, standar etika dan profesional tertinggi, serta kebutuhan pelanggan dan komunitas.

FedEx juga berkomitmen untuk menghubungkan setiap orang dan kemungkinan yang ada di seluruh dunia secara bertanggung jawab dan kompeten, dengan tujuan untuk mencapai operasi netral karbon pada tahun 2040.(am)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.