Deliveree Raih Pendanaan Seri C Senilai USD 70 Juta untuk Digitalisasi Logistik di Asia Tenggara

  • Share
Barisan Armada Truk Deliveree: Deliveree mengumumkan penutupan putaran pendanaan Seri C senilai USD 70 juta yang dipimpin oleh Gobi Partners dan SPIL Ventures. Inspire Ventures, existing investor Deliveree juga turut ambil bagian dalam pendanaan ini.

LOGISTIKNEWS.ID – Deliveree dengan bangga mengumumkan penutupan putaran pendanaan Seri C senilai USD 70 juta yang dipimpin oleh Gobi Partners dan SPIL Ventures. Inspire Ventures, existing investor Deliveree juga turut ambil bagian dalam pendanaan ini.

Dengan demikian, total dana yang terkumpul selama lima tahun terakhir mencapai USD 109 juta.

Deliveree akan memanfaatkan pendanaan Seri C ini untuk meningkatkan penetrasi pasar, memperluas jenis layanannya seiring dengan hadirnya solusi kargo kontainer, dan melakukan pengembangan skala besar yang dibutuhkan untuk menjadi marketplace logistik yang tersedia di seluruh pelosok Asia Tenggara.

Selain itu, hasil pendanaan ini juga akan digunakan untuk meningkatkan layanan bagi puluhan ribu bisnis yang setiap harinya mengandalkan Deliveree.

“Di Deliveree, misi kami adalah digitalisasi logistik dengan membuat transportasi kargo menjadi sederhana, terjangkau, fleksibel, dan terukur untuk bisnis dari segala ukuran. Hal ini diwujudkan lewat kekuatan platform marketplace kami yang menghubungkan pelanggan logistik dengan jaringan angkutan dan penyedia layanan besar, yang saya sebut sebagai logistics mega marketplace,” ujar Tom Kim, Co-Founder & CEO Deliveree, pada Senin (27/6/2022).

Seiring dengan pendanaan baru dan dukungan mitra-mitranya yang luar biasa ini, Deliveree akan mempercepat realisasi targetnya untuk menjadi pusat marketplace logistik skala besar di Asia Tenggara.

“Pasca-pandemi, kita berpotensi besar mengalami inflasi yang turut diwarnai oleh permasalahan rantai pasok. Deliveree membangun platform teknologi terbaik yang telah teruji dengan baik oleh marquee customers (pelanggan yang kredibel). Hal ini akan memungkinkan terjadinya optimasi dan penurunan total biaya operasional bagi industri pengiriman dan logistik,” kata Kay Mok, Managing Partner, Gobi Partners.

Saat ini merupakan waktu yang sangat krusial bagi industri logistik di Asia Tenggara. Percepatan adopsi platform teknologi mentransformasi industri trucking dan logistik yang dulunya tertinggal dan hampir tidak tersentuh oleh disrupsi teknologi.

“Dengan investasi strategis kami di Deliveree, kami dapat memberi mereka kapabilitas operasional supply chain yang kuat dan merupakan yang PERTAMA di ranah industrinya, dengan menyelaraskan moda transportasi darat dan laut. Hal ini memungkinkan platform teknologi Deliveree untuk menawarkan solusi logistik yang lebih luas dan melampaui trucking darat dengan jangkauan antar pulau, didukung secara strategis oleh jaringan kapal kontainer SPIL yang melayani seluruh pelabuhan utama di Indonesia,” ujar Widarta Liunanda, SPIL Ventures.

Dalam 24 bulan terakhir, Deliveree telah meningkatkan nilai transaksi brutonya sebesar 3,2x dan akan melebihi USD 100 juta pada tahun ini.

Deliveree telah meningkatkan kapasitas timnya hingga hampir mencapai 500 karyawan di empat negara. Hal ini membuat Deliveree masuk dalam daftar 5 angkutan kargo terbesar di Indonesia, Filipina, dan Thailand, bersama dengan sejumlah nama lain yang telah mapan dan dihormati di bidang logistik.

Armada Deliveree: Deliveree akan memanfaatkan pendanaan Seri C ini untuk meningkatkan penetrasi pasar, memperluas jenis layanannya seiring dengan hadirnya solusi kargo kontainer, dan melakukan pengembangan skala besar yang dibutuhkan untuk menjadi marketplace logistik yang tersedia di seluruh pelosok Asia Tenggara.

Selain itu, pelanggan bisnis yang mengandalkan Deliveree untuk mendukung pengiriman dan transportasi kargo sehari-hari telah mencapai lebih dari 25.000. Pertumbuhan yang besar ini menunjukkan keunggulan model bisnis Deliveree dan sekaligus menjadi gambaran masa depan teknologi logistik di Asia Tenggara yang gemilang.

“Kami mengucapkan terima kasih dengan tulus kepada para pelanggan yang telah mempercayai Deliveree untuk memperkuat channel trucking dan pengirimannya. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada tim kelas dunia Deliveree atas antusiasme mereka dalam melayani pelanggan kami dengan sepenuh hati. Demikian juga kepada investor kami atas dukungan dan kepercayaan mereka pada misi Deliveree,” ucap Tom.

Deliveree adalah perusahaan teknologi logistik yang mengoperasikan marketplace trucking dan kargo skala besar di Indonesia, Thailand, dan Filipina (di Filipina, Deliveree beroperasi dengan nama brand Transportify).

Didukung oleh aplikasi seluler populer di Android dan iOS serta aplikasi web enterprise untuk pelanggan bisnis, “supermarket logistik” Deliveree memungkinkan pelanggan dari segala ukuran untuk mengakses solusi pengiriman trucking dan kargo yang terjangkau, fleksibel, dan terukur dengan cara yang secara substansial meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya.

Selain itu, Deliveree memberikan pelatihan kerja, pendapatan, dukungan, dan logistik yang substansial kepada hampir 100.000 pengemudi independen dan perusahaan trucking di seluruh Asia Tenggara.

Tentang Gobi Partners

Gobi Partners adalah perusahaan venture capital Pan-Asia dengan interkoneksi terbaik dengan AUM (Asset Under Management) senilai USD 1,5 miliar di seluruh Asia Utara, Asia Selatan, dan ASEAN. Berkantor pusat di Kuala Lumpur dan Hong Kong, perusahaan ini mendukung wirausaha dari tahap awal hingga pertumbuhan dan berfokus pada pasar yang sedang berkembang dan kurang terlayani (underserved).

Sebagai peserta dari United Nations Global Compact, Gobi Partners berkomitmen untuk menyelaraskan strategi dan operasional dengan prinsip-prinsip universal tentang hak asasi manusia, tenaga kerja, lingkungan, dan anti-korupsi untuk memastikan penciptaan nilai jangka panjang dan keberlanjutan di seluruh portofolio Gobi Partners.

Mengenai SPIL Ventures

SPIL Ventures adalah cabang CVC dari Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) yang berfokus pada pembukaan potensi dan percepatan kesuksesan.

Kami berinvestasi dan mempercepat kemajuan venture project yang menjanjikan wujud pertumbuhan yang cerdas dan efisien di seluruh Indonesia. Kami memberdayakan bibit cemerlang melalui inovasi dan teknologi.

SPIL Ventures bertujuan untuk menciptakan solusi dan pertumbuhan berkelanjutan di seluruh industri dengan berinvestasi di ekosistem teknologi logistik digital terkemuka.

Adapun Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) adalah perusahaan kapal kontainer terkemuka di Indonesia. Seiring dengan dorongan kemajuan digital yang dijunjung kuat oleh motto ‘SPIL Connecting Islands’, SPIL secara strategis melayani 40 pelabuhan yang terletak di seluruh kepulauan Indonesia.

Saat ini, misi SPIL adalah untuk mengintegrasikan dan menyediakan solusi logistik yang komprehensif dengan meningkatkan kemampuan transportasi darat, pergudangan, dan secara konsisten memajukan keunggulan digitalnya.[am]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.