DHL Express Inves 3,4 juta EUR, Operasikan Service Centre baru di Jabar

  • Share
Pusat layanan baru DHL Express di Indonesia yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat (Jabar).

LOGISTIKNEWS.ID – DHL Express, penyedia layanan ekspress internasional terkemuka di dunia, telah membuka pusat layanan baru di Indonesia yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat (Jabar), yang juga dikenal sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.

DHL telah menginvestasikan EUR 3,4 juta (sekitar Rp 59 miliar) untuk fasilitas ini dan memperluas jangkauannya di Indonesia.

Ahmad Mohamad, Senior Technical Advisor, DHL Express Indonesia, menjelaskan fasilitas tersebut merupakan yang pertama dari empat fasilitas hijau di Indonesia yang akan diresmikan dalam dua tahun ke depan.

“Indonesia adalah pasar strategis kami, dan investasi ini merupakan dukungan serta komitmen kami kepada negara. Sejalan dengan visi perusahaan, kami membangun fasilitas ini dengan solusi hemat energi,” ujar Ahmad saat membuka pusat layanan baru DHL di Indonesia yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (16/11/2022).

Fasilitas seluas 2.900 meter persegi ini merupakan naungan bagi 17 armada pengiriman dan dalam waktu dekat 30% tenaganya akan dihasilkan oleh panel surya. Selain itu, fasilitas baru di Jawa Barat juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern, seperti fasilitas full drive-in dengan direct loading capability, motorized conveyor system, telescopic conveyor, automated weighing dan dimensioning equipment, motion sensor for office lamps, serta conveyor weight sensor.

“Fitur-fitur berkelanjutan ini sejalan dengan komitmen logistik hijau DHL Express yakni dengan mulai menggunakan kendaraan pengiriman berbasis listrik pada sepeda motor dan van pada awal tahun 2021,” ucapnya.

Ahmad mengemukakan, perusahaan berencana untuk mengonversi setengah dari armadanya ke armada listrik pada tahun 2024. Selain itu, DHL Express juga menggunakan energi surya untuk fasilitas Jakarta Distribution Centre.

Merayakan 50 tahun kehadirannya di Indonesia, imbuhnya,  DHL Express berkomitmen untuk mengembangkan operasi lokalnya. Perusahaan akan merekrut karyawan lokal untuk ditempatkan di pusat layanan sebagai tambahan atas 29 Certified International Specialist saat ini.

Bahkan, ujar Ahmad, pada tahun 2022, DHL Express telah mengembangkan tenaga kerja bertalenta sebesar 13,5% pada tahun 2022 untuk memberikan solusi yang lebih inovatif kepada pelanggan.

“DHL Express juga turut mendukung distribusi vaksin di Indonesia dengan membawa 40 juta dosis vaksin Covid-19 untuk membantu bangsa melawan pandemi,” tuturnya.

Rantai Pasok

Perlu diketahui, DHL menawarkan layanan logistik mulai dari pengiriman paket nasional dan internasional, pengiriman e-commerce dan solusi pemenuhan, ekspres internasional, transportasi darat, udara, dan laut, hingga manajemen rantai pasokan industri.

DHL Express mengoperasikan pusat layanan baru di Bekasi Jawa Barat.

Dengan sekitar 380.000 karyawan di lebih dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia, DHL menghubungkan orang-orang dan bisnis dengan aman dan andal sekaligus untuk memungkinkan arus perdagangan global yang berkelanjutan.

DHL turut membawa solusi khusus untuk pasar dan industri yang sedang berkembang termasuk teknologi, ilmu kehidupan dan perawatan kesehatan, teknik, manufaktur & energi, mobilitas otomatis dan ritel. DHL secara tegas diposisikan sebagai Perusahaan logistik untuk dunia.

DHL adalah bagian dari Deutsche Post DHL Group yang menghasilkan pendapatan lebih dari 81 miliar euro pada tahun 2021. Dengan praktik bisnis yang berkelanjutan dan komitmen terhadap masyarakat dan lingkungan, Deutsche Post DHL Group memberikan kontribusi positif kepada dunia dan bertujuan untuk mencapai logistik nol-emisi pada tahun 2050.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *