LOGISTIKNEWS.ID – FedEx Express, anak perusahaan dari FedEx Corp. (NYSE: FDX) dan salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, telah memperluas FedEx® International Connect Plus (FICP).
FICP merupakan layanan pengiriman e-commerce internasional tepat waktu, yang menggabungkan kecepatan dengan harga menarik ke empat pasar lainnya di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA), yaitu Indonesia, Selandia Baru, Filipina dan Vietnam.
Cakupan layanan FICP yang lebih luas merupakan upaya FedEx untuk mendukung perkembangan e-commerce yang kuat di wilayah AMEA.
Dipimpin oleh tiga pasar dengan pertumbuhan tercepat – Filipina, Indonesia dan Vietnam, penjualan e-commerce di Asia Tenggara akan mencapai USD 100 miliar pada tahun 20231.
Pasar e-commerce di Selandia Baru juga diperkirakan akan tumbuh 6% setiap tahun hingga 20252.
Dengan ekspansi ini, FICP kini telah tersedia untuk bisnis e-commerce di 14 pasar termasuk Australia, Hong Kong SAR, India, Indonesia, Jepang, China, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Filipina, Thailand dan Vietnam.
Pelaku bisnis e-commerce dapat menawarkan solusi pengiriman internasional kepada pelanggan dengan harga yang bersahabat sekaligus memastikan sebagian besar pengiriman akan dikirimkan dalam kurun waktu 1 hingga 3 hari kerja di wilayah AMEA.
Layanan ini juga menawarkan fasilitas pengiriman lainnya, seperti pelacakan, notifikasi pengiriman ke penerima dan fleksibilitas untuk mengubah opsi pengiriman melalui FedEx Delivery Manager®, yang memberikan visibilitas, kontrol, serta kenyamanan lebih kepada pelanggan atas pesanan online mereka.
Manfaat utama FICP untuk pelaku bisnis e-commerce dan pelanggan meliputi, nilai yang lebih baik, fleksibilitas dan kontrol, integrasi tanpa batas serta kenyamanan.
“Sejak FICP diluncurkan tahun lalu, kami telah melihat penggunaannya yang tinggi di antara para pelanggan e-commerce berkat tersedianya “sweet spot” bagi pelaku bisnis e-commerce untuk menawarkan pengiriman cepat dengan biaya yang masuk akal,” ujar Salil Chari, senior vice president, Marketing and Customer Experience, Asia Pacific, Middle East and Africa (AMEA) region, FedEx Express, melalui keterangan tertulisnya kepada Logistiknews.id, pada Senin (5/9/2022).
Menurutnya, menyediakan solusi pengiriman dengan portofolio yang luas kepada para pebisnis, yang sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka adalah prioritas utama di FedEx.
“Selain solusi digital lain yang kami tawarkan, kedepannya, ekspansi FICP memungkinkan kami untuk mendukung pelanggan dengan lebih baik dan mempercepat pertumbuhan e-commerce lintas batas di kawasan yang dinamis ini.”ucapnya.
Garrick Thompson, managing director, FedEx Express Indonesia mengatakan, FedEx terus berupaya memberdayakan bisnis e-commerce di Indonesia dengan layanan logistik yang hemat biaya dan inovatif.
“Dengan diluncurkannya FedEx® International Connect Plus, para pebisnis e-commerce lokal kini dapat menawarkan layanan pengiriman tepat waktu untuk memenuhi kebutuhan sesuai permintaan pelanggan,” kata Garrick.
FedEx terus meningkatkan penawaran e-commerce dengan menambahkan berbagai solusi pengiriman, termasuk solusi integrasi pasar B2B seperti program FedEx Compatible dan Alliances, serta inovasi mulai dari pengiriman last-mile ke manajemen warehouse melalui kekuatan otomatisasi dan teknologi robot.[am]